Pengertian Algoritma Genetika

Pengertian Algoritma Genetika - Algoritma Genetika adalah/ Algoritma Genetika yaitu/ Algoritma Genetika merupakan/ yang dimaksud Algoritma Genetika/ arti Algoritma Genetika/ definisi Algoritma Genetika.
Pengertian Algoritma Genetika

Teori dasar Algoritma Genetika pertama kali dikembangkan pada tahun 1970-an di New York Amerika serikat oleh John Holland. Algoritma genetika adalah algoritma komputasi untuk menemukan penyelesaian permasalahan/ mencari soulusi dengan cara yang lebih alamiah. Algoritma genetika merupakan algoritma yang terinspirasi dari teori biologi evolusioner yaitu meniru kemampuan makhluk hidup dalam beradaptasi dengan lingkungannya sehingga terbentuk proses evolusi untuk mengatasi permasalahan dengan lebih baik seperti warisan, mutasi, seleksi alam dan crossover/ rekombinasi. Algoritma Genetika banyak digunakan pada aplikasi bisnis, teknik maupun pada bidang keilmuan. Algoritma genetika juga dapat dipakai untuk memperoleh solusi yang baik untuk masalah optimal dari satu variabel atau banyak variabel.
Terdapat 3 cara yang dipakai dalam Algoritma Genetika:
- Mutasi= mencoba kombinasi proses secara acak dan mengevaluasi hasilnya.
- Crossover= Mengkombinasikan bagian dari hasil yang baik dengan harapan dapat memperoleh hasil yang lebih baik.
- Seleksi, memilih proses–proses yang baik dan membuang yang jelek.
Contoh aplikasi:
Para insinyur di General Electric untuk merancang mesin pesawat terbang bertubin jet, yang melibatkan persamaan kurang lebih 100 variabel dan 50 kekangan.
Demikian Informasi kali ini tentang Pengertian Algoritma Genetika semoga bermanfaat.

Artikel Terkait