Pengertian Local Area Network (LAN)

Pengertian Local Area Network (LAN) - Local Area Network (LAN) adalah/ Local Area Network (LAN) yaitu/ Local Area Network (LAN) merupakan/ yang dimaksud Local Area Network (LAN)/ arti Local Area Network (LAN)/ definisi Local Area Network (LAN).
Local Area Network (LAN) adalah

Informasai yang akan saya sampaikan kali ini pengertian Local Area Network atau yang disingkat LAN adalah jaringan/ network yang mencakup area local satu ruang, satu gedung atau beberapa gedung yang berdekatan maka dari itu LAN disebut dengan jaringan yang mencakup wilayah kecil. Kontrol LAN dilakukan dengan authoritas administrative. Data yang ditransmisikan LAN bersifat khusus dalam suatu organisasi/ perusahaan. Media Transmisi LAN dapat berbentuk kabel seperti UTP, serat optik, koaksial, Wirieles LAN (WLAN). Sekarang ini LAN berbasis teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang menggunakan peranakat switch, memiliki kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Saat ini selain menggunakan teknologi Ethernet, juga menggunakan teknologi 802.11 b yang sering disebut dengan Wi-fi. Lokasi/ tempat yang menyediakan koneksi LAN menggunakan teknologi Wi-fi disebu dengan hotspot.
Di sebuah Jaringan LAN, setiap komputer/ node memiliki daya komputasi sendiri, lain halnya dengan konsep dump terminal. Tiap-tiap komputer juga bisa mengakses sumber daya yang terdapat di LAN sesuai dengan hak akses yang sudah ditetapkan. Sumber daya yang ada di LAN bisa berupa perangkat seperti printer atau juga bisa berupa data.
Berikut ini adalah karekteristik Local Area Network:
- Memiliki pesat data yang lebih tinggi.
- Tidak memerlukan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.
- Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit.
Itulah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan tentang Pengertian Local Area Network/LAN semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait