Pengertian Bangsa

Pengertian BangsaBangsa adalah/ Bangsa yaitu/ Bangsa merupakan/ yang dimaksud Bangsa / arti Bangsa/ definisi Bangsa.
Bangsa adalah

Bangsa terbentuk karena semakin bertambahnya jumlah manusia yang diikuti semakin kompleksnya kebutuhan yang harus dipenuhi manusia tersebut. Dari pernyataan tersebut yang menjadi pertanyaan adalah apakah bangsa itu?
Berikut ini beberapa pendapat pakar kenegaraan tentang pengertian bangsa.
1. Otto Bauer, bangsa adalah salah satu persatuan karakter atau perangai yang timbul karena persamaan nasib.
2. Enest Renant, bangsa adalah sekelompok manusia yang memiliki kehendak bersatu sehingga merasa dirinya adalah satu.
3. Hans Kohn, bangsa diartikan sebagai buah hasil tenaga hidup dalam sejarah, dan karena itu selalu bergelombang dan tak pernah membeku.
4. Ben Anderson, bangsa diartikan sebagai komunitas politik yang dibayangkan dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat.
Demikian pengertian bangsa dari beberapa orang ahli yang satu dengan yang lainnya berbeda. Hal itu disebabkan oleh sudut pandang mereka yang berbeda. Secara sosiologis-antropologis bangsa diartikan sebagai persekutuan hidup masyarakat yang berdiri sendiri.
Bangsa dalam pengertian politis adalah suatu masyarakat dalam daerah yang sama, mereka tunduk pada kedaulatan negaranya sebagai suatu kekuasaan tertinggi ke luar dan ke dalam. Jadi, bangsa dalam arti politis adalah bangsa yang sudah bernegara dan mengaku serta tunduk pada kekuasaan dari Negara yang bersangkutan.  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bangsa adalah orang-orang yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya serta berpemerintahan sendiri. Bangsa adalah kumpulan manusia yang terikat karena kesatuan bahasa dan wilayah tertentu di muka bumi. Bangsa Indonesia adalah sekelompok manusia yang mempunyai kepentingan yang sama dan menyatakan dirinya sebagai suatu bangsa, serta berproses dalam suatu wilayah di Nusantara.
Unsur Terbentuknya Bangsa:
Berdasarkan pengertian di atas, dapat diuraikan bahwa bangsa memiliki unsur-unsur seperti berikut:
1. Ada sekelompok manusia yang mempunyai kemauan untuk bersatu.
2. Berada dalam suatu wilayah tertentu.
3. Ada kehendak untuk membentuk atau berada di bawah pemerintahan yang dibuatnya sendiri.
4. Secara psikologis merasa senasib, sepenanggungan, setujuan, dan secita-cita.
5. Ada kesamaan karakter, identitas, budaya, bahasa, dan lain-lain sehingga dapat dibedakan dengan bangsa lainnya.
Dari unsur-unsur tersebut dapat disimpulkan bahwa bangsa adalah sekelompok manusia yang berbeda dalam suatu wilayah tertentu yang mempunyai karakter, identitas suatu budaya yang khas dan bersatu, serta tunduk pada aturan tertentu karena persamaan nasib, tujuan atau cita-cita.
Demikian penjelasan tentang Pengertian Bangsa semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait