Pengertian Intonasi Perintah

Pengertian Intonasi PerintahIntonasi Perintah adalah/ Intonasi Perintah yaitu/ Intonasi Perintah merupakan/ yang dimaksud Intonasi Perintah/ arti Intonasi Perintah/ definisi Intonasi Perintah.
Intonasi Perintah adalah

Intonasi Perintah atau Suruhan adalah Intonasi yang digunakan untuk mengungkapkan maksud pembicara supaya lawan bicara melakukan sesuatu perbuatan. Dalam penulisan ditandai dengan penggunaan tanda seru (!).
Contoh: Nyanyikan lagu ini di depan kelas!
Dalam kegiatan komunikasi lisan (berbicara)  penggunaan intonasi sangatlah penting, disamping lafal, tekanan , dan jeda. Jika anda berbicara tanpa nada atau irama yang sesuai dengan kalimat yang anda ucapkan, pasti akan terkesan aneh. Misalnya saja seharusnya anda mengucapkan sebuah kalimat dengan nada perintah, tetapi anda justru mengucapkan kalimat itu dengan nada bertanya.
Dalam bahasa Indonesia, intonasi memang memegang  peranan penting. Perlu anda ketahui bahwa suatu deretan kata atau kalimat dapat mengandung maksud yang bermacam-macam, sesuai dengan intonasi yang diterapakan. Kalimat yang sama jika diucapkan dengan nada yang berbeda akan mengandung maksud yang berbeda pula. Hal ini tergantung pada situasi pembicara.
Dengan penggunaan intonasi tertentu anda dapat segera mengetahui apakah lawan bicara bermaksud memberitakan informasi/ berita tertentu, bertanya, ataupun menyuruh melakukan sesuatu. Selain itu dengan menggunakan intonasi anda juga mengetahui apakah lawan bicara sedang dalam keadaan marah, sedih, atau gembira.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang Pengertian Intonasi Perintah semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait