Pengertian Kerangka karangan

Pengertian Kerangka karanganKerangka karangan adalah/ Kerangka karangan yaitu/ Kerangka karangan merupakan/ yang dimaksud Kerangka karangan/ arti Kerangka karangan/ definisi Kerangka karangan.
definisi Kerangka karangan

Kerangka karangan yaitu suatu rencana kerja yang isinya tentang ketentuan-ketentuan pokok bagaimana sebuah topik harus dikembangkan. Dengan cara menyusun Kerangka karangan terlebih dahulu maka akan mempermudah pekerjaan seseorang dalam menyusun sebuah karangan sehingga karangan akan lebih logis dan menjadi teratur. Dengan adanya kerangka karangan, maka seorang pengarang akan bisa membedakan gagasan-gagasan utama  dan gagasan-gagasan tambahan.
Manfaat membuat kerangka karangan sebelum menulis antara lain:
1. Menyusun karangan secara teratur.
2. Memudahkan penulis untuk menciptakan klimaks yang berlainan.
3. Menghindari penggarapan sebuah topik sampai dua kali atau lebih.
4. Menentukan pola susunan yang paling cocok dalam karangan yang dibuat.
Saat menyusun kerangka karangan, anda juga harus memikirkan perlu tidaknya gambar, denah, grafik, atau bagan untuk menunjang kejelasan keterangan.
Langkah-langkah untuk menyusun sebuah kerangka karangan adalah sebagai berikut:
1. Menentukan tema.
2. Mendaftar topik-topik.
3. Melakukan evaluasi pada seluruh topik yang sudah didaftar.
4. Menentukan pola susunan yang logis dan sesuai (susunan pola yang baik).
Setelah kerangka karangan dibuat langkah selanjutnya adlah mengembangkan kerangka karangan menjadi naskan karangan. Kerangka karangan yang telah dibuat dapat digunakan sebagai acuan saat menulis karangan. Hal-hal yang telah ditulis dalam kerangka karangan hanya berupa pokok-pokok yang akan dibahas. Oleh karena itu, Anda harus mengembangkan kerangka karangan itu menjadi sebuah karangan yang utuh.
Semoga informasi tentang Pengertian Kerangka karangan dapat bermanfaat.

Artikel Terkait