Pengertian Konflik

Pengertian KonflikKonflik adalah/ Konflik yaitu/ Konflik merupakan/ yang dimaksud Konflik/ arti Konflik/ definisi Konflik.
Konflik adalah

Konflik/ permusuhan adalah proses sosial yang terjadi ketika pihak yang satu berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya. Permusuhan atau konflik diawali dengan adanya perbedaan atau persaingan yang serius sehingga sulit didamaikan atau ditemukan kesamaannya. Sebenaranya konflik dapa sangat wajar terjadi dalam sebuah interaksi sosial.
Konflik menjadi berbahaya jika sampai menimbulkan kekerasan dan sulit untuk diselesaikan. Berikut beberapa macam konflik.
1. Konflik individu yaitu konflik yag terjadi antara individu satu dengan individu yang lain, disebabkan karena adanya perbedaan kepentingan.
2. Konflik antar kelas sosial yaitu koflik yang terjadi antara kelas sosial yang satu dengan yang kelas sosial yang lain. contohnya, konflik antara pengusaha dengan buruh. Buruh menuntut kenaikan upah dengan jam kerja sedikit, sedangkan pengusaha sebaliknya.
3. Konflik rasial yaitu konflik yang terjadi atnara ras yang satu dengan yang lain. Hal ini terjadi karena perbedaan ciri-ciri fisik.
4. Konflik politik yaitu konflik yang terjadi antara kelompok-kelompok yang memiliki kepentingan yang sama dalam bidang politik atau hal-hal yang berhubungan dengan masalah kenegaraan.
5. Konflik internasional yaitu konflik yang terjadi antarbangsa-bangsa di dunia yang disebabkan oleh perbedaan kepentingan.
Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai Pengertian Konflik, semoga berguna.


Artikel Terkait