Pengertian Persamaan Reaksi

Pengertian Persamaan ReaksiPersamaan Reaksi adalah/ Persamaan Reaksi yaitu/ Persamaan Reaksi merupakan/ yang dimaksud Persamaan Reaksi/ arti Persamaan Reaksi/ definisi Persamaan Reaksi.
definisi Persamaan Reaksi

Persamaan Reaksi adalah persamaan yang menunjukkan perubahan zat-zat yang terjadi selama reaksi kimia berlangsung. Zat zat yang terletak di sebelah kiri tanda panah disebut pereaksi (reaktan) dan zat-zat yang terletak di sebelah kanan tanda panah disebut hasil reaksi (produk).
Pereaksi -> Produk
Selain menggambarkan rumus kimia dari unsur-unsur yang terbentuk dari sebuah rekasi, persamaan reaksi juga menyatakan wujud zat yang terlibat dalam reaksi. Ditulis (s) untuk padat/ solid, (g) untuk gas, (l) untuk cair/ liquid, dan (aq) untuk larutan/ aqua dalam air.
Contoh: C(s) + O2(g) -> CO2(g)

Persamaan reaksi yang sempurna disebut reaksi setara (jumlah zat-zat pereaksi sama dengan jumlah zat-zat hasil rekasi). Jika reaksi yang terjadi belum setara, maka disetarakan dengan menambahkan jumlah zat di depan rumus kimia yang disebut dengan koefisien reaksi dengan catatan tidak merubah rumus kimia senyawa.
Contoh:
H2 + O2 -> H2O (belum setara)
2H2 + O2 -> 2H2O (sudah setara)
Semoga informasi tentang Pengertian Persamaan Reaksi dapat menambah wawasan anda.

Artikel Terkait