Pengertian Renang gaya bebas

Pengertian Renang gaya bebasRenang gaya bebas adalah/ Renang gaya bebas yaitu/ Renang gaya bebas merupakan/ yang dimaksud Renang gaya bebas/ arti Renang gaya bebas/ definisi Renang gaya bebas.
Renang gaya bebas adalah

Renang gaya bebas ini disebut juga dengan gaya crawl atau bisa juga disebut dengan gaya rimau. Gaya ini menyerupai gaya berenang seekor binatang. Gerakan asli dari gaya ini menirukan gerakan anjing yang sedang berenang. Gaya bebas memungkinkan bergerak lebih cepat di dalam air dari pada gaya lain serta memungkinkan untuk melihat ke depan. Teknik dasar gerakan renang gaya bebas adalah sebagai berikut ini:
1. Teknik Dasar Mengapung.
Ada banyak posisi yang dapat dilakukan agar tubuh bisa terapung  di atas permukaan air. Lakukan secara rileks dan melayang tanpa mengeluarkan tenaga.
Berikut  teknik mengapung dalam renang:
a. Air kolam dengan ketinggian air setinggi perut, lalu berdiri di depan dinding kolam dengan jarak satu meter.
b. Selanjutnya lakukan tarik napas dalam-dalam, setelah itu masukkan kepala ke dalam air dengan agak merebahkan tubuh ke depan dengan posisi telungkup, jangan menutup mata, kemudian keluarkan napas perlahan-lahan.
c. Kondisi tubuh harus tetap rileks pertahankan posisi seperti itu di dalam air sampai napas sudah tidak kuat lagi.
d. Lakukan secara berulang teknik tersebut.
2. Teknik Dasar Meluncur.
Jika sudah menguasai teknik mengapung, selanjutnya yaitu latihan teknik dasar meluncur. Tujuan Latihan ini yaitu untuk melatih tubuh agar dapat seimbang di air. Apabila tidak dapat menguasai keseimbangan tubuh di air maka dapat mengakibatkan tubuh dapat tenggelam dan tidak dapat berdiri di kolam renang, walaupun kolam renangnya dangkal. Berikut ini adalah cara melakukan latihan meluncur:
a. Posisi Tubuh.
Pada saat berenang posisi tubuh harus streamline maksudnya yaitu sejajar dengan permukaan air. Posisi tubuh harus berputar pada sumbunya dan hindari gerakan yang bisa menyebabkan posisi tubuh turun dan naik.
b. Gerakan kaki.
Peran penting gerakan kaki yaitu membantu luncuran. Tidak hanya itu saja, gerakan tungkai juga dapat mengatur seimbangnya tubuh di air. Di bawah ini adalah cara untuk melakukan latihan gerakan kaki.
1. Lakukan gerakan kedua kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian, gerkan ini harus dilakukan dalam keadaan lemas.
2. Dalam malakukan gerakan kedua kaki, harus dimulai dari pangkal paha.
3. Dalam melakukan gerakan cukup dekat dengan permukaan air dan jangan terlalu tingg.
c. Gerakan Lengan.
Gerakan lengan akan memberikan dorongan tubuh untuk melaju dengan cepat. Untuk melatih gerakan tangan bisa dilakukan di kolam dangkal, Dibawah ini adalah cara untuk melakukannya:
1. Posisi awal berdiri, kemudian badan dibungkukkan, posisi kedua tangan lurus di samping telinga.
2. Lakukan gerakan tangan kanan yaitu ditarik ke bawah sambil menekan air, hingga posisi di bawah badan. Tangan mendorong air ke belakang kemudian ke atas.
3. Kemudian siku tangan kanan cepat ditekuk lalu di keluarkan dari air, ketika tangan kiri sampai di bawah badan di dalam air, tangan kiri mendorog air ke belakang kemudian ke atas.
4. Kembali ke gerkan posisi semula dilakukan dengan cara mengayunkan tangan ke depan.
Demikian informasi tentang Pengertian Renang gaya bebas semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait