Pengertian senam lantai

Pengertian senam lantaisenam lantai adalah/ senam lantai yaitu/ senam lantai merupakan/ yang dimaksud senam lantai/ arti senam lantai/ definisi senam lantai.
senam lantai

Senam lantai merupakan senam yang dilakukan di lantai. gerakan senam lantai lebih menitikberatkan pada faktor kekuatan dan kelenturan. Namun, bukan berarti komponen lain dari kebugaran jasmani tidak terlibat di dalamnya. Secara hierarki, senam lantai ini harus dilakukan secara teratur. Jika latihan tidak dilaksanakan dengan teratur maka akan memengaruhi otot dan sendi yang telah dilatih.
Sebelum memulai melakukan serangkaian gerakan senam lantai, tentu harus sudah menguasai gerakan dasar senam lantai dengan benar, supaya pada saat melakukan rangkaian gerakan senam lantai bisa berjalan dengan lancar. Pada umumnya Gerakan senam lantai sebagai berikut:
1. Guling Depan
Berikut ini adalah cara memberikan bantuan guling depan:
a. Teman yang membantu berdiri pada salah satu lutut (kanan), kaki yang lain (kiri) diposisikan sedemikian rupa supaya dapat membantu kekuatan dan keseimbangan.
b. Selanjutnya Tangan kanan teman yang membantu memegang tengkuk, dan tangan kiri membantu untuk memberikan dorongan paha atau pinggul yang melakukan guling depan.
c. Ketika badan berguling, teman yang membantu mengangkat pundaknya, ini supaya kepala bagian belakangnya yang melakukan guling depan tidak menyentuh matras.
2. Guling Belakang
Berikut ini adalah cara memberikan bantuan guling belakang:
a. Teman yang membantu menopang dan mendorong pinggang yang melakukan berguling ke belakang dan membawanya ke arah guling.
b. Teman yang membantu mengangkat panggul peserta serta membawa ke arah guling ke belakang.
3. Berdiri dengan tangan (Handstand)
Beberapa bentuk latihan gerak untuk menuju sikap handstand sebagai berikut:
a. Latihan lompat kelinci di lantai, berusaha mengangkat kaki lebih tinggi.
b. Bersandar ke tembok, cobalah naik ke sikap handstand dengan merayap.
c. Menghadap ke tembok, latihan handstand dengan sikap awal yang sebenarnya. Satu kaki dilempar terlebih dahulu, di susul kaki yang satunya. Kedua tangan dekat ke tembok.
d. Dengan pertolongan teman, yaitu pada saat kaki diangkat lurus ke atas pembantu segera memegang kedua kaki atau memegang panggulnya
Rangkaian gerakan adalah gabungan gerkaan yang dilakukan secara berurutan atau berkelanjutan tanpa adanya waktu untuk berhenti selama melakukan gerakan tersebut. Gerakan rangkaian senam lantai tanpa alat meliputi berikut ini:
1. Rangkaian Gerakan Guling Depan dan Lenting Tengkuk/ Kepala
Cara melakukan gerakan guling depan dan lenting tengkuk/ kepala sebagai berikut:
a. Melakukan guling depan dengan cepat.
b. Ketika posisi akhir guling tercapai, lanjutkan gerakan ke depan dengan memberikan loncatan agak ke depan.
c. Saat tangan dan kepala menumpu, segera lecutkan kaki dan mendarat dengan kedua kaki.
2. Rangkaian Gerakan Kayang dan Handstand
Cara melakukan rangkaian gerakan kayang dan handstand sebagai berikut:
a. Melakukan gerakan kayang.
b. Setelah gerakan kayang sempurna, angkat kedua kaki lurus ke atas dengan bertumpu pada kedua tangan.
Semoga Pengertian senam lantai tersebut dapat bermanfaat buat anda.

Artikel Terkait