Pengertian Sepak bola

Pengertian Sepak bolaSepak bola adalah/ Sepak bola yaitu/ Sepak bola merupakan/ yang dimaksud Sepak bola/ arti Sepak bola/ definisi Sepak bola.
Sepak bola adalah permainan bola yang termasuk permainan bola besar. Permainan bola besar adalah jenis permainan dalam olahraga yang biasanya dilakukan secara beregu dan menggunakan bola yang berukuran besar seperti sepak bola, futsal, bola voli, dan bola basket. Permainan sepak bola sangat memerlukan keterampilan gerak kaki dan tungkai. Permainan sepak bola bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan berusaha untuk menjaga gawangnya sendiri agar tidak kemasukan bola.
Peraturan permainan sepak bola:
Sepak bola merupakan salah satu permainan beregu. Setiap regu terdiiri atas 11 pemain. Termasuk 1 orang penjaga gawang (keeper). Sedangkan, untuk penjaga gawang diperbolehkan menggunakan tangan selama di area/ wilayah gawangnya. Namun, jika keluar area gawangnya akan menjadi suatu pelanggaran.
Bola sepak berbentuk bulat, terbuat dari kulit atau jenis lain yang sesuai. Keliling bola tidak lebih dari 71 cm dan tidak kurang dari 68 cm. Berat tidak lebih dari 450 gram dan tidak kurang dari 410 gram pada saat pertandingan dimulai. Tekanan bola antara 0,6 – 1,1 atmosfer (600-1100 g/cm2).
Permainan ini dimainkan dalam 2 babak. Tiap babak terdiri atas 45 menit. Waktu istirahat diantara dua babak ialah 10 menit. Suatu tim dinyatakan memenangi permainan, apabila dapat mencetak gol ke gawang lawan sebanyak mungkin.
Peraturan mengenai gol dan skor pada permainan sepak bola sebagai berikut:
a. Gol dinyatakan sah apabila seluruh bagian bola telah melewati atau melebihi garis gawang, berada diantara tiang gawang, dan di bawah mistar gawang. Hal tersebut tidak berlaku pada lemparan ke dalam, memegang, atau mendorong bola dengan tangan atau lengan yang dilakukan secara sengaja oleh seorang pemain, kecuali penjaga gawang diarea gawangnya sendiri.
b. Tim yang mencetak gol terbanyak dalam pertandingan dinyatakan menang, apabila skor golnya sama maka dinyatakan imbang (draw).
c. Orang yang menyatakan sah atau tidaknya suatu gol ialah wasit.
Teknik dasar Permainan sepak bola:
a. Menendang Bola
Menendang bola bisa dimaksudkan untuk tiga tujuan. Pertama, untuk mengoper bola ke teman. Kedua, untuk menggiring bola. Ketiga, untuk mencetak gol. Adapun beberapa teknik dalam menendang seperti di bawah ini:
1. Menendang dengan kaki bagian dalam
Bagian kaki ini memiliki permukaan paling luas untuk menendang. Tendangan dengan kaki bagian dalam biasanya digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Tendangan ini sangat ideal, karena hasil tendangan terukur dan akurat.
2. Menendang dengan kaki bagian luar
Mendndang dengan bagian kaki luar digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Arah umpan yang dilakukan dengan kaki bagian luar agak sulit dibaca, karena umpannya berlawanan arah dengan posisi pengumpannya.
3. Menendang dengan punggung kaki
Hasil tendangan dengan menggunakan punggung kaki biasanya sangat terarah, karena titik tumpuannya terpusat pada bola bagian tengahnya (pusat). Tendangan ini dapat menghasilkan tendangan dengan kekuatan besar dan sasaran yang dituju pun akurat.
b. Menggiring bola (dribbling)
Menggiring bola adalah menendang atau mendorong bola secara perlahan sambil berjalan atau berlari. Tujuan dribbling, yaitu membawa bola kea rah gawang lawan, melewati lawan, dan memperlambat atau mengatur irama permainan. Untuk dapat melakukan hal tersebut dibutuhkan teknik agar bola tetap berada dalam kontrol kita.
Terdapat tiga cara dalam menggiring bola, yaitu:
1. Menggiring bola dengan kaki bagian dalam.
2. Menggiring bola dengan kaki bagian luar.
3. Menggiring bola dengan punggung kaki.
c. Merampas bola (tackling)
Teknik merampas bola digunakan untuk merampas bola dari kaki lawan. Terdapat dua cara yang paling umum digunakan, yaitu dengan cara berhadapan (tanpa menjatuhkan diri) dan cara meluncur (sliding tackling).
d. Melempar Bola ke Dalam
Melempar bola ke dalam dilakukan apabila bola keluar melalui garis pembatas di samping lapangan. Peraturan permainan sepak bola menyebutkan bahwa pemain harus melempar bola ke dalam melalui atas kepala dengan kedua tangan. Sementar itu, kedua kaki pemain harus ditempatkan di belakang gari samping.
e. Menyundul Bola
Menyundul bola dapat dilakukan dengan cara sikap berdiri dengan kaki tetap di atas tanah atau sambil melompat ke udara. Sikap maupun yang dilakukan tergantung pada situasi dan kondisi lapangan permainan.
Demikian sedikit penjelasan tentang Pengertian Sepak bola semoga dapt bermanfaat.

Artikel Terkait