Pengertian Tes kebugaran jasmani

Pengertian Tes kebugaran jasmaniTes kebugaran jasmani adalah/ Tes kebugaran jasmani yaitu/ Tes kebugaran jasmani merupakan/ yang dimaksud Tes kebugaran jasmani/ arti Tes kebugaran jasmani/ definisi Tes kebugaran jasmani.
Tes kebugaran jasmani yaitu

Tes kebugaran jasmani adalah suatu instrument yang digunakan untuk mendapatkan suatu informasi tentang individu atau objek-objek. Tes kebugaran jasmani merupakan upaya untuk mengetahui derajat kebugaran jasmani seseorang. Dengan tes ini, peserta akan mendapatkan informasi mengenai kebugaran tubuhnya.
1. Lari 60 meter
Tujuan tes lari 60 meter adalah untuk mengukur kecepatan lari.
2. Sit up
Tujuan sit up adalah untuk mengukur kekuatan dan daya tahan otot perut.
3. Lari 1200 meter (putra) dan 1000 meter (putri)
Tujuan tes lari 1200 meter (putra) dan 1000 meter (putrid) adalah untuk mengukur daya tahan jantung, peredaran darah, dan pernapasan. Beberapa latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan, dan kelentukan untuk kebugaran jasmani diharuslah dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri. Selain itu, terdapat kriteria atau norma untuk menilai kesegaran jasmani kalian.
Berdasarkan fungsinya, kesegaran jasmani dikelompokkan menjadi dua, yaitu fungsi yang bersifat umum dan khusus. Kesegaran jasmani secara umum berfungsi untuk mengembangkan kekuatan, kemampuan, kesanggupan, daya kreasi, dan daya tahan setiap manusia yang berguna untuk mempertinggi daya kerja. Sedangkan fungsi khusus kesegaran jasmani adalah sesuai dengan kekhususan masing-masing, yang dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu golongan berdasarkan pekerjaan misalnya atlet, pelajar, atau karyawan.
Itulah informasi yang dapat saya bagikan tentang Pengertian Tes kebugaran jasmani semoga bisa berguna.

Artikel Terkait