Pengertian Elastisitas Penawaran

Pengertian Elastisitas PenawaranElastisitas Penawaran adalah/ Elastisitas Penawaran yaitu/ Elastisitas Penawaran merupakan/ yang dimaksud Kelangkaan/ Arti Kelangkaan/ Definisi Kelangkaan.
Elastisitas Penawaran adalah tingkat kepekaan penawran terhadap perubahan harga.
Rumus elastisitas pernawran sebagai berikut.
Elastisitas Penawaran adalah

Keterangan:
Es= elastisitas penawaran
Q= jumlah penawran awal.
P= harga awal.
ΔQ= perubahan jumlah penawaran.
ΔP= perubahan harga.

Macam-macam Elastisitas Penawaran:
1. Penawaran elastis.
Penawaran elastis yaitu koefisien elastisitas penawran yang lebih besar dari satu. Hal ini terjadi jika persentase perubahan penawran lebih besar dari persentase perubahan harga. Kurva cenderung mendatar.
2. Penawaran inelastis.
Penawaran inelastis yaitu koefisien elastisitas penawaran lebih kecil dari satu. Hal ini terjadi bila persentase perubahan penawran lebih kecil dari persentase perubahan harga. Kurva cenderung tegak.
3. Penawaran elastis uniter.
Penawaran elastis uniter, yaitu koefisien elastisitas penawran sama dengan satu. Hal ini terjadi jika persentase perubahan penawaran sama dengan persentase perubahan harga. Kurva membentuk sudut 45 derajat.
4. Penawaran elastis sempurna.
Penawaran elastis sempurna yaitu koefisien elastisitas penawaran sama dengan tidak terhingga. Rasio persentase perubahan jumlah yang ditawrakan terhadap persentase harga sangat besar sehingga kurva penawaran berbentuk horizontal.
5. Penawaran inelastis  sempurna.
Penawraan inelastis sempurna yaitu koefisien elastisitas penawran sama dengan nol. Pada tingkat harga berapa pun besarnya penawaran tidak berubah. Artinya penjual sama sekali tidak dapat menambah penawarannya walau harga bertambah tinggi.
Itulah yang dimaksud Elastisitas Penawaran, sekarang sudah mengerti kan.

Artikel Terkait