Pengertian Konsumsi

Pengertian KonsumsiKonsumsi adalah/ Konsumsi yaitu/ Konsumsi merupakan/ yang dimaksud Konsumsi/ Arti Konsumsi/ Definisi Konsumsi.
Konsumsi adalah suatu kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan, baik secara berangsur-angsur maupun sekaligus. Pihak yang melakukan konsumsi disebut konsumen. Kegiatan konsumsi yang dilakukan manusia bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau untuk memperoleh kepuasan setinggi-tingginya, sehingga tercapai tingkat kemakmuran.
Dalam pengertian ekonomi, konsumsi diartikan sebagai kebutuhan, baik secara berangsur-angsur maupun sekaligus. Pihak yang melakukan konsumsi disebut konsumen.
Konsumsi adalah

Kegiatan konsumsi yang dilakukan manusia bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau untuk memperoleh kepuasan setinggi-tingginya sehingga tercapai tingkat kemakmuran. Denan adanya lapisan masyarakat yang berbeda-beda, tujuan konsumsi juga berbeda. Pada masyarakat tradisional yang ditandai dengan peradapban yang belum maju dan kebutuhan masih sederhana, kegiatan konsumsi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari guna mepertahankan kelangsungan hidup. Sedangkan pada masyarakat modern, tujuan konsumsi sudah berubah bahkan hanya sekedar mempertahankan hidup, tetapi lebih banyak diarahakan untuk kepentingan kesenangan dan prestise (harga diri).
Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi.
Besar kecilnya konsumsi yang dilakukan seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:
1. Pendapatan.
2. Perkiraan harga di masa mendatang.
3. Harga barang yang bersangkutan.
4. Barang substitusi dan Komplementer.
5. Iklan.
6. Ketersediaan Barang dan Jasa.
7. Selera.
8. Mode.
9. Jumlah keluaraga.
10. Lingkungan Sosial Budaya.
Itulah penjelasan dari Definisi Konsumsi, mudah mudahan bermanfaat.

Artikel Terkait