--> Skip to main content
Menu

Pengertian Sistem Ekonomi

Pengertian Sistem EkonomiSistem Ekonomi adalah/ Sistem Ekonomi yaitu/ Sistem Ekonomi merupakan/ yang dimaksud Sistem Ekonomi/ Arti Sistem Ekonomi/ Definisi Sistem Ekonomi.
definisi Sistem Ekonomi

Sistem Ekonomi adalah suatu yang mengatur kondisi perekonomian suatu negara sesuai dengan kondisi kenegaraan dari negara itu sendiri. Sistem ekonomi dapat pula diartikan sebagai cara suatu negara mengatur kehidupan ekonominya dalam rangka mencapai kemakmuran. Pelaksanaan sistem ekonomi suatu negara tercemin dalam keseluruhan lembaga-lembaga ekonomi yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Setiap negara memiliki sistem perekonomian yang berbeda-beda. Sistem perekonomian negara dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain ideologi/ filsafah hidup bangsa, sifat dan jati diri bangsa, serta struktur ekonomi.

Didunia ini terdapat berbagai macam sistem ekonomi yang diterapkan oleh negara. Sistem ekonomi tersebut antara lain sistem ekonomi tradisional, sistem ekonomi liberal/ pasar/ bebas, sistem ekonomi komando/ terpusat/ etatis, dan sistem ekomomi campuran.

Itulah definisi Sistem Ekonomi, yang ada di sekitar kita.