Pengertian Angin lokal

Pengertian Angin lokalAngin lokal adalah/ Angin lokal yaitu/ Angin lokal merupakan/ yang dimaksud Angin lokal/ arti Angin lokal/ definisi Angin lokal.
Pengertian Angin lokal

Angin lokal disebut juga angin setempat yang terdiri dari angin darat, angin laut, angin lembah, dan angin gunung.
a. Angin darat dan angin laut.
Pada malam hari, suhu di atas daratan lebih cepat menjadi dingin dibandingkan dengan lautan. Daratan bertekanan udara maksimum, sedangkan di atas lautan bertekanan udara minimum. Dengan demikian bergeraklah angin dari darat ke laut dan disebut angin darat. Sebaliknya pada siang hari, suhu diatas daratan lebih cepat menjadi panas dibandingkan dengan lautan. Daratan bertekanan minimum, sedangkan di atas lautan bertekanan udara maksumum. Dengan demikian, bergeraklah angin dari laut ke darat. Angin yang bertiup dari laut ke darat pada siang hari disebut angin laut.
Nelayan tradisional menggunakan angin darat untuk turun ke laut dan kembali ke darat dengan memanfaatkan angin laut.
b. Angin lembah dan angin gunung.
Pada siang hari udara di pucuk gunung lebih cepat panas dibandingkan dengan di lembah. Dengan demikian tekanan udara dilembah lebih besar dibandingkan dengan daerah puncak. Lembah bertekanan maksimum, sedangkan pucuk gunung bertekanan minimum. Hal inilah yang menyebabkan angin bertiup dari lembah ke pucuk gunung pada siang hari dan disebut angin lembah.
Sebaliknya pada malam hari udara dipucuk gunung lebih cepat melepaskan panas dibandingkan dengan dilembah. Tekanan udara dipucuk gunung lebih besar dibandingkan dengan di lembah. Pucuk gunung bertekanan udara maksimum, sedangkan lembah bertekanan udara minimum. Hal ini menyebabkan angin bertiup dari pucuk gunung ke lembah pada malam hari disebut dengan angin gunung.
Demikian informasi yang dapat saya bagikan tentang definisi Angin lokal, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Artikel Terkait