Pengertian Gerak epirogenesa

Pengertian Gerak epirogenesa Gerak epirogenesa adalah/ Gerak epirogenesa yaitu/ Gerak epirogenesa merupakan/ yang dimaksud Gerak epirogenesa/ arti Gerak epirogenesa/ definisi Gerak epirogenesa.
arti Gerak epirogenesa

Gerak epirogenesa adalah gerak pergeseran lapisan kulit bumi yang relatif lambat, berlangsung dalam waktu yang lama, dan meliputi daerah yang luas. Gerak epirogenesa terjadi pada proses pembentukan benua dan samudra. Gerak epirogenesa dibedakan menjadi 2 sebagai berikut:
1. Gerak epirogenesa positif.
Gerak epirogenesa positif adalah gerak bumi turun dan seolah-olah permukaan air laut naik. Hal ini kelihatan sangat jelas di pantai. Contohnya, turunnya pulau-pulau di kawasan Indonesia bagian timur (Kepulauan Maluku dan pulau-pulau barat daya sampai pulau Banda) dan Pantai Skandinavia. Selain itu, turunnya lembah sungai Hudson di Amerika yang dapat dilihat dengan jarak yang jauhnya kurang lebih 1.700 m dan turunnya lembah sungai kongo sampai 2.000 m di bawa permukaan laut.
2. Gerak Epirogenesa Negatif
Gerak epirogenesa negatif adalah gerak permukaan bumi naik dan seolah-olah permukaan air laut turun. Contohnya, naiknya pulau timur dan pulau buton, serta naiknya dataran tinggi Colorado di Amerika.
Demian penjelasan tentang Pengertian Gerak epirogenesa, silahkan anda pelajari.

Artikel Terkait