Pengertian Gerhana Matahari

Pengertian Gerhana MatahariGerhana Matahari adalah/ Gerhana Matahari yaitu/ Gerhana Matahari merupakan/ yang dimaksud Gerhana Matahari/ arti Gerhana Matahari/ definisi Gerhana Matahari.
Gerhana Matahari yaitu/

Gerhana Matahari adalah gerhana yang terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Walaupun bulan lebih kecil, bayangan bulan mampu menghalangi sepenuhnya cahaya matahari yang memancar ke bumi karena bulan yang berjarak rata-rata 384.400 km dari bumi lebih dekat dibandingkan matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 km. tempat di bumi yang tertutup penumbra mengalami gerhana matahari sebagian (parsial). Hanya sebagian permukaan matahari yang ditutupi bulan. Sedangkan tempat yang ditutupi umbra mengalami gerhana matahari totoal. Seluruh permukaan matahari tertutup bulan.
Lama gerhana matahari total hanya beberapa menit karena gerakan bayangan bulan yang cepat. Gerhana matahari total yang tergolong lama terjadi di samudra atlantik dan Afrika pada 30 Juni 1937 yang berlangsung selama 7,2 menit.
Gerhana matahari dapat dibagi menjadi 3 jenis sebagai berikut:
a. Gerhana matahari total.
Sebuah gerhana matahari dikatakan sebagai gerhana matahari total apabila saat puncak gerhana piringan matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan bulan. Saat itu, piringan bulan sama besar atau lebih besar dari pada piringan matahari.
b. Gerhana matahari sebagian.
Gerhana matahari sebagian terjadi apabila piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan matahari. Pada gerhana ini, selalau ada bagian dari piringan matahari yang tertutup oleh piringan bulan.
c. Gerhana matahari cincin.
Gerhana matahari cincin terjadi apabila piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian piringan matahari. Gerhana jenis ini terjadi jika ukuran piringan bulan lebih kecil dari pada piringan matahari. Sehingga ketika piringan bulan berada di depan piringan matahari, tidak seluruh piringan akan tertutup oleh piringan bulan. Bagian piringan matahari yang tidak tertutup oleh piringan bulan berada di sekeliling piringan bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.
Demikian yang bisa saya berikan kepada anda, semoga definisi Gerhana matahari diatas bisa anda jadikan referensi.

Artikel Terkait