Pengertian Rotasi bumi

Pengertian Rotasi bumiRotasi bumi adalah/ Rotasi bumi yaitu/ Rotasi bumi merupakan/ yang dimaksud Rotasi bumi/ arti Rotasi bumi/ definisi Rotasi bumi.
Pengertian Rotasi bumi

Rotasi bumi merupakan gerak berputarnya bumi pada porosnya (sumbu). Gerak rotasi ini menyebabkan daerah sepanjang ekuator bergerak cepat, sedangkan di daerah kutub hampir-hampir tidak mengalami pergerakan. Bumi yang berbentuk hampir bulat mengalami perubahan bentuk akibat gerakan rotasi yang dilakukan. Perubahan tersebut adalah terbentuknya daerah agak pepat di kedua kutubnya dan seakan-akan sebagian massa bumi tertumbuk di daerah ekuator. Gerak rotasi bumi terjadi dari arah barat ke timur. Jika dilihat dari kutub utara, rotasi bumi memiliki arah berlawanan dengan arah jarum jam, sedangkan jika dilihat dari kutub selatan, arah rotasi bumi searah dengan arah jarum jam. Poros (sumbu) bumi merupakan garis khayal yang menandakan sumbu rotasi dari bumi yang melalui kutub utara dan kutub selatan. Proses rotasi bumi tidaklah tegak lurus, tetapi mengalami kemiringan sebesar 23,5 derajat dari garis tegaknya. Waktu rotasi bumi dalam satu putaran adalah 23 jam 56 menit. Rotasi bumi mengakibatkan beberapa gejala alam berikut ini:
1. Terjadinya pergantian siang dan malam.
2. Perbedaan waktu di beberapa tempat.
3. Pergerakan Semu bintang.
4. pembelokan arah angin.
5. Pembelokan Arah Arus Laut.
6. Perbedaan Percepatan Gravitasi di permukaan bumi.
Bagaimana sudah paham kan apa yang dimaksud Rotasi bumi? Mudah-mudahan apa yang saya bagikan diatas bisa menambah pengetahuan kita. Lihat juga penjelasan tentang Revolusi Bumi.

Artikel Terkait