Pengertian Elastisitas

Pengertian ElastisitasElastisitas adalah/ Elastisitas yaitu/ Elastisitas merupakan/ yang dimaksud Elastisitas/ arti Elastisitas/ definisi Elastisitas.
Elastisitas yaitu

Ketika mendengar kata elastisitas, yang terlintas dalam pikiran kita adalah karet atau pegas. Jika kita merentangkan sebuah karet, maka karet akan berubah bertambah panjang terhadap keadaan semula. Apabila dilepaskan, bentuknya akan kembali ke bentuk semula. Sifat sebuah benda yang dapat kembali ke bentuk semula disebut sifat elastis. Benda-benda yang mempunyai sifat elastis disebut benda elastis. Keadaan yang berbeda trjadi jika kita menarik atau menekan tahu, maka bentuk tahu tidak akan kembali ke bentuk semula. Sifat benda yang tidak dapat kembali ke bentuk semula disebut sifat plastis. Benda-benda yang mempunyai sifat plastis disebut benda plastis. Umumnya sebuah benda yang mempunyai sifat elastis juga mempunyai sifat plastis. Misalkan pada saat kita merentangkan sebuah pegas. Jika pegas direntangkan dengan gaya yang besar, maka pada saat tertentu akan terjadi keadaan dimana pegas tidak dapat kembali ke bentuk semula. Jika gaya diperbesar, maka benda akan mengalami sifat plastis hingga pada titik tertentu dimana pegas akan patah.
Demikian yang dapat saya sampaikan tentang pengertian Elastisitas dalam bidang ilmu fisika, semoga informasi yang telah saya sampaikan tersebut dapat menambah pengetahuan anda.

Artikel Terkait