Pengertian Ikatan kovalen

Pengertian Ikatan kovalenIkatan kovalen adalah/ Ikatan kovalen yaitu/ Ikatan kovalen merupakan/ yang dimaksud Ikatan kovalen/ arti Ikatan kovalen/ definisi Ikatan kovalen.
Pengertian Ikatan kovalen

Ikatan kovalen merupakan ikatan yang terbentuk karena pemakaian pasangan elektron bersama. Pasangan elektron ini dapat berasal dari masing-masing atom yang saling berkaitan, dan ikatannya disebut ikatan kovalen, sedangkan bila pasangan elektron yang digunakan berasal dari salah satu atom yang berkaitan disebut ikatan kovalen koordinasi atau kovalen dativ. Untuk menggambarkan bagaimana ikatan kovalen terjadi, digunakan rumus titik elektron (struktur lewis). Berikut ini jenis-jenis ikatan kovalen.
1. Ikatan kovalen tunggal
Ikatan kovalen tunggal adalah ikatan kovalen yang terbentuk dengan penggunaan sepasang elektron bersama.
2. Ikatan kovalen Rangkap Dua.
Ikatan kovalen rangkap dua adalah ikatan dengan dua pasang elektron milik bersama. Ikatan ini digambarkan dengan tanda berupa dua garis ikatan (2 pasang=).
3. Ikatan kovalen rangkap tiga
Ikatan kovalen rangkap tiga adalah ikatan dengan menggunakan tiga pasang elektron milik bersama. Ikatan rangkap tiga diberi tanda 3 garis .
4. Ikatan kovalen koordinasi
Ikatan kovalen koordinasi terjadi bila pada pembuatan ikatan terdapat pasangan elektron yang hanya berasal dari salah satu atom yang berikatan. Ikatan kovalen koordinasi umumnya terjadi pada molekul yang juga mempunyai ikatan kovalen.
Syarat terjadinya ikatan kovalen koordinasi, sebagai berikut:
a. Atom donor mempunyai pasangan elektron bebas.
b. Atom donor sudah mencapai konfigurasi yang stabil, misalnya oktet.
c. Atom akseptor masih kekurangan pasangan elektron dalam mencapai kestabilan atau sudah tidak mempunyai elektron.
5. Ikatan kovalen polar dan ikatan kovalen nonpolar.
Pada ikatan kovalen terdapat dua pasang elektron, yaitu pasangan elektron ikatan (PEI) dan pasangan elektron bebas (PEB).
Sekarang anda sudah tahu kan apa yang dimaksud Ikatan kovalen? Semoga penjelasan tentang pengertian ikatan kovalen diatas dapat membantu anda yang sedang mencari definisi ikatan kovalen.

Artikel Terkait