Pengertian Ikatan logam

Pengertian Ikatan logamIkatan logam adalah/ Ikatan logam yaitu/ Ikatan logam merupakan/ yang dimaksud Ikatan logam / arti Ikatan logam/ definisi Ikatan logam.
Pengertian Ikatan logam

Ikatan logam adalah ikatan yang terjadi akibat pengguanaan bersama elektron-elektron valensi antara atom logam. Ikatan logam dapat dijelaskan dengan teori awan elektron yang ditkemukakan oleh Drube dan Lorenz pada awal abad ke-20.
Atom-atom logam mempunyai kulit terluar yang berisi beberapa elektron dan konfigurasinya tidak stabil, karena pada umumnya atom-atom logam mempunyai elektron negativitas rendah.
Oleh karena itu, semua jenis logam cenderung mudah melepaskan beberapa elektron terluarnya sehingga terbentuk awan (lautan) elektron. Selanjutnya, logam-logam cenderung untuk membentuk ion-ion positif atau atom-atom yang bermuatan positif dan kulit terluar dari atom-atom suatu logam tidak berisi. Hal ini mengakibatkan elektron-elektron dapat bergerak seara bebas dan mengalir melalui ruang kosong tersebut. Jadi , ikatan logam terjadi pada ion logam bermuatan positif dengan lautan elektron yang mudah bergerak.
Sifat fasis logam menyatakan bahwa iktan yang terjadi pada logam bukan ikatan ion dan ikatan kovalen. Adapun sifat-sifat khas logam sebagai berikut.
a. Penghantar  listrik atau panas yang baik (konduktor).
b. Logam mempunyai kemampuan mengubah bentuk tanpa retak (dapat diterima dan ditarik)
c. Pada suhu kamar logam berwujud padat, kuat, dan keras, kecuali raksa (Hg) berwujud cair.
d. Logam akan mengkilap jika digosok.
e. Logam memiliki rapatan yang relatif tinggi akibat penataan atom-atom.
Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Pengertian Ikatan logam, semoga informasi yang saya sampaikan tersebut dapat bermanfaat buat anda.

Artikel Terkait