Pengertian Web Dinamis

Pengertian web dinamis - Berdasarkan teknologinya web terbagi menjadi 2 macam yaitu web dinamis dan web statis. Baik web dinamis maupun web status keduanya sama-sama merupakan sebuah website yang dapat menampilkan halaman yang di akses dengan internet . Dalam pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tetang apa itu web dinamis? Sedangkan untuk web statis penjelasannya bisa anda baca dalam artikel yang berjudul: Pengertian Web Statis.  Tahukah kamu apa yang dimaksud web dinamis? Diantara kamu tentunya ada yang sudah tahu definisi web dinamis, namun ada juga yang belum tahu arti web dinamis. Maka dari itulah di sini kami akan menjelaskan apa maksud web dinamis yang meliputi pengertian web dinamis  dan juga menjelaskan tentang perbedaan antara web dinamis dengan statis. Berikut ini penjelasannya tentang web dinamis.
web dinamis adalah

Pengertian Web Dinamis

Web dinamis yaitu web yang dibangun dengan meningkatkan kemampuan HTML (HyperText markup Languge) dan ditambahkan dengan souce code seperti PHP dan ASP kemudian dikoneksikan dengan database. Dengan web dinamis maka jika terjadi perubahan informasi pada halaman-halaman web bisa diatasi dengan perubahan data bukan melalui perubahan programnya. Dengan web dinamis ini maka perubahan informasi bisa dilakukan oleh seorang operator atau seorang yang mempunyai tanggung jawab tentang data tersebut, perubahan data tidak perlu lagi dilakukan oleh seorang webmaster (orang yang memelihara web).

Contoh Web Dinamis

Contoh web dinamis adalah web jejaring sosial dan web berita. Coba saja perhatikan web tersebut, isinya sering terupdate oleh pemilik maupun pengguna web tersebut. Bahkan untuk web jejaring sosial sering kali diupdate setiap harinya.

Perbedaan Web Dinamis dan Web Statis

Berikut ini adalah beberapa dari perbedaan web dinamis dan web statis yaitu:

1. Interaksi antara pengunjung dan pemilik web
Pada web dinamis terdapat interaksi antara seorang pengunjung dengan pemilik web misalnya dalam memberikan komentar, forum, melakukan transaksi online. Sedangkan pada web statis tidak diumungkinkan terjadinya sebuah interaksi antara pengunjung dengan pemilik web.

2. Bahasa Script yang digunakan
Bahasa script yang digunakan dalam web dinamis menggunakan bahasa pemrograman yang lebih kompleks misalnya PHP, ASP, dan JavaScript. Sedangkan bahasa script web statis hanya menggunakan HTML saja, atau paling tidak dapat ditambahi dengan CSS.

3. Penggunaan Databas
Dalam web dinamis dapat menggunakan database seperti MySQL, Oracle dan lain-lain untuk melakukan penyimpanan dan pemrosesan data. Sedangkan untuk web statis tidak menggunakan database karena tidak adan data yang perlu untuk disimpan serta diproses.

4. Konten
Konten dalam web dinamis dapat berasal dari seorang pengunjung dan lebih sering dilakukan update. Dalam web dinamis konten dapat diambil dari database sehingga isinya pun dapat berbeda-beda walaupun kita membuka web yang sama. Sedangkan untuk web statis konten hanya diberikan oleh pemilik web dan jarang dilakukan upadate.

Itulah Pengertian web dinamis, mudah-mudahan apa yang saya sampaikan pada blog temukan pengertian di atas bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru

Artikel Terkait