Pengertian Cultural Lag

Pengertian Cultural LagCultural Lag adalah/ Cultural Lag yaitu/ Cultural Lag merupakan/ yang dimaksud Cultural Lag/ arti Cultural Lag/ definisi Cultural Lag.
Cultural Lag yaitu

Cultural Lag sering disebut dengan ketertinggalan budaya, yaitu suatu kondisi di mana terjadi peerbedaan taraf kemajuan antara berbagai bagian dalam suatu kebudayaan karena ada yang tumbuh cepat dan ada yang tumbuhnya lambat.
Budaya yang masuk dalam masyarakat begitu pesat tanpa diimbangi dengan ilmu pengetahuan tentang budaya itu. Masyarakt menjadi seperti orang yang terkejut dalam menerima budaya baru itu. Tak jarang manusia menggunakan fungsi kebudayaan itu dengan tidak semestinya. Perkembangan budaya yang tak seimbang merupakan masalah pokok dari semua ini.
Budaya material cenderung berkembang lebih maju dan lebih dulu meninggalkan kebudayaan non material. Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita jumpai orang-orang yang sudah memiliki teknologi canggih. Banyak orang yang memiliki handphone yang canggih, yang dilengkapi dengan banyak fitur untuk memudahkan kehidupan. Akan tetapi, mereka tidak tahu atau tidak bisa untuk menggunakan fitur-fitur yang telah tersedia. Bahkan kadang kita temui orang yang memiliki handphone yang canggih, tetapi masih bertanya tentang bagaiman cara menghidupkan alaram. Kejadian seperti ini sering kita temukan.
Dalam berkembangnya budaya materiil oran mudah untuk menerimanya. Iklan-iklan di televisi yang begitu menarik merupakan daya tarik tersendiri. Hal ini menyebabkan budaya tersebut tidak berfungsi sesuai dengan semestinya, mudah akan menjadi bumerang bagi pemakainya. Komputer diciptakan untuk mempermudah kebutuhan manusia akan berubah menjadi hal yang mealah membuat manusia itu menjadi lupa dengan waktu. Seharian hanya bermain di depan komputer dengan tujuan yang tidak jelas. Manusia yang seharusnya mengendalikan komputer, maka terbalik menjadi mereka yang dikendalikan oleh komputer atau mereka dikendalikan oleh komputer atau mereka yang dikendalikan oleh kebudayaan yang mereka buat sendiri.
Itulah yang dimaksud Cultural Lag, semoga penjelasan tentang Pengertian Cultural Lag diatas memberikan manfaat.

Artikel Terkait