Pengertian Kebudayaan lokal

Pengertian Kebudayaan lokalKebudayaan lokal adalah/ Kebudayaan lokal yaitu/ Kebudayaan lokal merupakan/ yang dimaksud Kebudayaan lokal/ arti Kebudayaan lokal/ definisi Kebudayaan lokal.
Kebudayaan lokal yaitu

Kebudayaan lokal adalah kebudayaan dalam wilayah aau daerah tertentu yang diwariskan secara turun-temurun oleh generasi terdahulu pada generasi berikutnya pada ruang lingkup daerah tersebut. Dari pola kegiatan ekonomi, kebudayaan daerah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dikelompokkan menjadi beberapa macam berikut.
1. Kebudayaan Berburu dan Peramu
Kelompok kebudayaan berburu dan peramu ini pada masa sekarang hampir tidak ada. Kelompok ini sekarang tinggal di daerah-daerah terpencil saja.
2. Kebudayaan Beternak
Kelompok kebudayaan peternak atau kebudayaan berpindah-pindah banyak dijumpai di daerah padang rumput.
3. Kebudayaan Berladang
Kelompok kebudayaan peladang ini hidup di daerah hutan rimba. Mereka menebang pohon-pohon, membakar ranting, daun-daun, dan dahan yang ditebang. Setelah bersih lalu ditanami berbagai macam tanaman pangan. Setelah dua atau tiga kali ditanami, kemudian ditinggalkan untuk membuka ladang baru di daerah lain.
4. Kebudayaan Nelayan
Kelompok kebudayaan nelayan ini hidup di sepanjang pantai. Desa-desa nelayan umumnya terdapat di daerah muara sungai atau teluk. Kebudayaan nelayan ditandai kemampuan teknologi pembuatan kapal, pengetahuan cara-cara berlayar di laut, dan pembagian kerja nelayan laut.
5. Kebudayaan Petani Pedesaan
Kelompok kebudayaan petani pedesaan ini menduduki bagian terbesar di dunia. Masyarakat petani ini merupakan kesatuan ekonomi, sosial budaya, dan administratif yang besar. Sikap hidup gotong royong mewarnai kebudayaan petani pedesaan.
6. Kebudayaan Masyarakt perkotaan
Kelompok ini mempunyai ciri-ciri di mana pusat pemerintahan, sektor perdagangan dan seekor industri masih lemah.
7. Kebudayaan Masyarakat Metropolitan
Kelompok ini mulai mengembangkan suatu sektor perdagangan dan industri yang cukup besar serta adanya aktivitas kehidupan pemerintah dan sektor kepegawaian yang luas dan dengan kesibukan politik.
Itulah penjelasan yang bisa saya uraikan, bagiama sekarang anda sudah tahu kan yang dimaksud Kebudayaan lokal itu seperti apa, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait