Pengertian Kebudayaan nasional Indonesia

Pengertian Kebudayaan nasional IndonesiaKebudayaan nasional Indonesia adalah/ Kebudayaan nasional Indonesia yaitu/ Kebudayaan nasional Indonesia merupakan/ yang dimaksud Kebudayaan nasional Indonesia/ arti Kebudayaan nasional Indonesia/ definisi Kebudayaan nasional Indonesia.
arti Kebudayaan nasional Indonesia

Kebudayaan nasional Indonesia adalah berbagai ragam kebudayaan lokal yang ada di daerah yang dimiliki, dilaksanakan, dan dilestarikan oleh suku bangsa yang ada di Indonesia serta diakui oleh seluruh bangsa Indonesia. Sehingga budaya nasional Indonesia mampu memberi makna bagi kehidupan berbangsa dan berdkepribadian yang dapat dibandingkan sebagai identitas nasional. Contohnya Pancasila sebagai dasar negara, bahasa Indonesia, dan Lagu Kebangsaan yang dicetuskan dalam Sumpah Pemuda 12 Oktober 1928 yang diikuti oleh seluruh pemuda berbagai daerah di Indonesia yang membulatkan tekad untuk menyatuan Indonesia dengan menyamakan pola pikir bahwa Indonesia memang berbeda budaya tiap daerahnya, tetapi tetap dalam satu kesatuan Indonesia Raya dalam semboyan “Bhineka Tunggal Ika”.
Berikut 4 (empat) ketentuan arah dan tujuan pengembangan kebudayaan nasional Indonesia.
a. Kebudayaan nasional merupakan perpaduan puncak-puncak kebudayaan daerah.
b. Kebudayaan nasional merupakan perwujudan hasil upaya dan tanggapan aktif masyarakat Indonesia.
c. Pengembangan kebudayaan nasional harus menuju ke arah kemajuan adab yang dapat mempercepat persatuan dan kesatuan bangsa.
d. Tidak menutup kemungkinan untuk menyerap unsur-unsur kebudayaan asing yang sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila.
Itulah yang dimaksud Kebudayaan nasional Indonesia, semoga apa yang saya bagikan di atas bisa bermanfaat buat anda.

Artikel Terkait