--> Skip to main content
Menu

Pengertian Kebudayaan Wujud dan Karakteristik Kebudayaan

Pengertian kebudayaan wujud dan karakteristik kebudayaan - Dalam kehidupan ini, manusia tidak terlepas dari adanya kebudayaan dan adat istiadat. Kebudayaan menjadi suatu identitas dan ciri khas yang melekat pada kehidupan manusia. Karena itulah keberadaan kebudayaan sangatlah penting dalam kehidupan manusia. Lalu apa itu kebudayaan? Seperti apa yang dimaksud dengan kebudayaan? Nah pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang pengertian atau definisi kebudayaan. Selain itu di sini juga akan kami bahas tentang wujud dan karakteristik kebudayaan. Sebagai tambahan di sini juga kami jelaskan tentang unsur dan fungsi kebudayaan serta contohnya.

Pengertian Kebudayaan Wujud dan Karakteristik Kebudayaan

Pengertian Kebudayaan

Kata kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah yang berarti budi atau akal. Buddhayah dapat diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Sedangkan kebudayaan dalam bahasa inggris disebut culture yang bermakna mengolah atau mengerjakan.

Pengertian kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan manusia dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

Atau arti kebudayaan adalah hasil karya cipta, rasa dan karsa manusia yang lingkupnya mencakup berbagai aspek kehidupan, seperti keyakinan, kebiasaan atau adat, hukum, seni, susila, moral dan keahlian. Kehadiran suatu kebudayaan dapat mempengaruhi pengetahuan seseorang, gagasan dan ide, meskipun kebudayaan itu berwujud abstrak.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang definisi kebudayaan menurut para ahli:

1. Pengertian Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

Pengertian kebudayaan menurut koentjaraningrat adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

2. Pengertian Kebudayaan Menurut Ki Hajar Dewantara

Arti kebudayaan menurut ki hajar dewantara, kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran di dalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

3. Pengertian Kebudayaan Menurut Linton

Arti kebudayaan menurut ralph linton adalah konfigurasi dari tingkah laku dan hasil laku, yang unsur-unsur pembentukannya didukung dan diteruskan oleh anggota masyarakat tertentu.

4. Pengertian Kebudayaan Menurut Taylor

Pengertian kebudayaan menurut eb taylor, bahwa kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkadang pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

5. Pengertian Kebudayaan Menurut Selo Soemardjan

Arti kebudayaan menurut selo soemardjan, bahwa kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Wujud Kebudayaan

Secara umum wujud kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan masyarakat.

Wujud kebudayaan yang sifatnya paling konkret adalah berpola pada aktivitas atau tindakan manusia dalam masyarakat yang bisa dilihat, difoto, diraba dan disimpan. Sedangkan wujud kebudayaan ideal (abstrak) dinamakan sistem sosial yaitu terdapat dalam alam pikiran manusia, sehingga tidak bisa dilihat, diraba maupun difoto. Misalnya dapat berupa gagasan-gagasan, ide-ide, norma-norma, nilai-nilai, peraturan dan cita-cita. Kebudayaaan yang bersifat abstrak merupakan wujud ideal atau sesuatu yang menjadi keinginan atau cita-cita dan harapan bagi manusia.

Wujud Kebudayaan Menurut JJ Hoenigman

Menurut jj hoenigman wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga yaitu:

  1. Wujud ideal dari kebudayaan yaitu dapat berupa ide-ide, gagasan, norma, nilai yang sifatnya abstrak dan terletak dalam pemikiran masyarakat.
  2. Budaya dapat berwujud tindakan atau aktivitas dari masyarakat itu sendiri. Hal ini disebut juga sebagai sistem sosial.
  3. Budaya dapat berwujud materi atau fisik yang disebut sebagai artefak yang merupakan suatu karya dari manusia.

Wujud Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

Menurut koentjaraningrat wujud kebudayaan dibagi menjadi 4 yaitu sebagai berikut ini:

  1. Nilai-nilai budaya merupakan gagasan yang dipelajari sejak dini dan sulit untuk dirubah.
  2. Sistem Budaya.
  3. Sistem sosial yang merupakan pola interaksi manusia.
  4. Kebudayaan fisik merupakan wujud budaya yang bersifat konkret misalnya kesenian, candi dan lain sebagainya.

Karakteristik Kebudayaan

Ciri-ciri kebudayaan atau karakteristik kebudayaan adalah sebagai berikut ini:

Karakteristik Kebudayaan Secara Umum

Ciri ciri kebudayaan secara umum yaitu:

  • Kebudayaan bisa dipelajari.
  • Kebudayaan bisa diwariskan.
  • Kebudayaan dapat hidup dan berkembang dalam masyarakat.
  • Kebusayaan bersifat terintegrasi.
  • Kebudayaan bisa berubah.

Karakteristik Kebudayaan Daerah

Karakteristik atau ciri ciri kebudayaan daerah adalah:

  • Bersifat kedaerahan.
  • Adanya peninggalan sejarah.
  • Adanya bahasa dan juga seni khas daerah.
  • Terdapat suatu unsur kepercayaan.
  • Dianut oleh penduduk daerah tersebut.
  • Mempunyai adat istiadat.
  • Terdiri dari unsur kebudayaan tradisional dan kebudayaan asli.

Karakteristik Kebudayaan Nasional

Adapun ciri-ciri kebudayaan nasional adalah:

  • Terdapat unsur-unsur yang dapat menyatukan bangsa.
  • Dapat mencerminkan kehidupan bangsa.
  • Terdapat unsur budaya daerah yang diakui secara nasional.
  • Menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia.

Unsur-unsur Kebudayaan

Adapun unsur-unsur kebudayaan yang ada dalam masyarakat adalah sebagai berikut ini:

  1. Bahasa, adalah suatu pengucapan yang indah yang digunakan oleh manusia sebagai perantara untuk meneruskan dan mengadaptasi kebudayaan.
  2. Sistem kepercayaan atau religi, adalah sebuah sistem yang berbentuk keyakinan dan praktek keagamaan yang bersifat suci dan tidak bisa dijangkau oleh akal.
  3. Sistem pengetahuan, adalah ilmu pengetahuan tentang keadaan alam yang ada di sekitar manusia dan peralatan yang digunakan oleh manusia.
  4. Kesenian, adalah semua hasrat yang dimiliki oleh manusia terhadap suatu keindahan.
  5. Sistem kemasyarakatan, adalah suatu kelompok masyarakat yang setiap anggotanya mempunyai rasa kesatuan dengan sesamanya.
  6. Sistem mata pencaharian, adalah semua bentuk usaha yang dilakukan oleh manusia dalam rangka mendapatkan barang maupun jasa yang mereka perlukan.
  7. Sistem teknologi dan peralatan hidup, adalah jumlah dari seluruh teknik atau peralatan yang dimiliki oleh masyarakat.

Fungsi Kebudayaan

Fungsi kebudayaan secara umum adalah untuk dapat mempelajari warisan yang berasal dari nenek moyang. Apakah warisan tersebut baik untuk tetap di lestarikan atau mesti diperbarui, ataukah harus ditinggalkan apabila warisan tersebut merusak. Selain itu fungsi kebudayaan diantaranya yaitu:

  • Untuk meningkatkan rasa nasionalisme.
  • Masyarakat bisa menjadi lebih saling menghargai.
  • Bisa timbul rasa toleransi dan empati.
  • Sebagai media belajar.
  • Sebagai sarana dalam menjalin sosialisasi.

Contoh Kebudayaan

Indonesia memang terkenal dengan kebudayaannya yang sangat kaya. Adapun contoh kebudayaan indonesia diantaranya yaitu:

  • Tradisi.
  • Pakaian dan Senjata Adat di Indonesia.
  • Tarian daerah.
  • Rumah adat di Indonesia.
  • Lagu daerah yang ada di Indonesia.
  • Alat musik daerah.

Itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang pengertian kebudayaan wujud dan karakteristik kebudayaan. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat bagi kita.