Pengertian Pendidikan multikultural

Pengertian Pendidikan multikulturalPendidikan multikultural adalah/ Pendidikan multikultural yaitu/ Pendidikan multikultural merupakan/ yang dimaksud Pendidikan multikultural/ arti Pendidikan multikultural/ definisi Pendidikan multikultural.
yang dimaksud Pendidikan multikultural

Pendidikan multikultural adalah gerakan pembaharuan dan inovasi pendidikan dalam rangka menanamkan kesadaran pentingnya hidup bersama dalam keragaman dan perbedaan, dengan spirit kesetaraan dan kesederajatan, saling percaya, saling memahami dan menghargai persamaan, serta perbedaan dan keunikan agama-agama. Dengan demikian, terjalin suatu relasi dan interdependensi dalam situasi saling mendengar dan menerima perbedaan pendapat dalam pikiran terbuka, untuk menemukan jalan terbaik mengatasi konflik dan menciptakan perdamaian melalui kasih sayang antar sesama.
Maka dari itu implementasi pendidikan multikultural tidak akan lepas dari konsep-konsep pembaharuan pendidikan, karena pembaharuan pendidikan mempunyai konsep konstruktif yang membentuk terwujudnya pendidikan multikultuural. Menurut Hujair A.H. Sanaky, dalam melakukan pembaharuan, pendidikan diharapkan mengorientasikan tujuan lebih bersifat problematis, strategis, aspiratif, menyentuh aspek aplikasi, serta dapat merespons kebutuhan masyarakat. Kemudian dari kerangka ini, tujuan yang dirumuskan meliputi aspek ilahiyah (teoretis), fisik dan intelektual, kebebasan (liberal), akhlak, profesionalisme, berkualitas, dinamis, dan kreatif sebagai insan kamil dan dalam kehidupannya.
Demikian penjelasan yang bisa saya berikan tentang Pengertian Pendidikan multikultural, mudah-mudahan bisa anda pahami.

Artikel Terkait