Pengertian Propaganda

Pengertian PropagandaPropaganda adalah/ Propaganda yaitu/ Propaganda merupakan/ yang dimaksud Propaganda/ arti Propaganda/ definisi Propaganda.
Propaganda adalah

Secara umum Propaganda adalah rangkaian pesan yang bertujuan untuk mempengaruhi pendapat dan kelakuan masyarakat atau sekelompok orang. Propaganda tidak menyampaikan informasi secara objektif, akan tetapi memberikan informasi yang diranang untuk mempengaruhi pihak yang mendenganr atau melihatnya. Adapun dalam konteks hubungan internasional, propaganda dimulai sebagai usaha sisematis untuk mempengaruhi pikiran, emosi, dan tindakan suatu kelompok demi kepentingan masyarakat umum dari pihak-pihak pembuat propaganda.
Terdapat kesamaan antara propaganda dengan diplomasi, yaitu keduanya sama-sama bersifat verbal. Adapun perbedaan antara keduanya sebagai berikut.
1.    Propaganda ditujukan kepada rakyat dan bukan pemerintahnya.
2.    Propaganda dilakukan hanya demi kepentingan nasional negara pembuat propaganda dan bukan untuk kepentingan kedua belah negara seperti dalam diplomasi. Dengan demikian dalam propaganda tidak terjadi langkah-langkah kompromi antara kepentingan negara-negara yang bersaing, karena tujuan propaganda benar-benar untuk memperoleh keuntungan negara yang melakukan propaganda tersebut.
Berikut ini beberapa bentuk propaganda.
1.    Berdasarkan Jenisnya
Berdaarkan jenisnya, propaganda dibedakan menjadi 4 (empat) sebagai berikut.
a.    Propaganda vertikal, yaitu propaganda yang dilakukan melalui media massa.
b.    Propaganda horizontal, yaitu propaganda yang dilakukan melalui komunikasi interpersonal dan komunikasi organisasi dibanding komunikasi massa.
c.    Propaganda integrasi, yaitu propaganda yang dilakukan dengan penanaman doktrin.
d.    Propaganda agitasi, yaitu propaganda yang bertujuan agar komunikasi bersedia membarikan pengorbanan yang besar bagi tujuan yang berlangsung dan mengorbankan jiwa mereka dalam usaha mewujudkan cita-cita.
2.    Berdasarkan Sumbernya
Berdasarkan sumbernya, propaganda dibedakan menajdi 3 (tiga) sebagai berikut.
a.    Propaganda putih, yaitu propaganda yang berasal dari sumbeer yang dapat diidentifikasi secara terbuka.
b.    Propaganda hitam, yaitu propaganda yang berasal dari sumber yang dianggap ramah, tetapi sebenarnya bermusuhan.
c.    Propaganda abu-abu, yaitu propaganda yang berasal dari sumber yang dianggap netral, tetapi sebenarnya bermusuhan.
Itulah penjelasan yang dapat saya berikan, bagaimana sekarang sudah tahukan apa yang dimaksud propaganda itu, semoga penjelasan tersebut bermanfaat.

Artikel Terkait