Pengertian Hujan asam

Pengertian Hujan asamHujan asam adalah/ Hujan asam yaitu/ Hujan asam merupakan/ yang dimaksud Hujan asam/ arti Hujan asam/ definisi Hujan asam.
Hujan asam yaitu

Hujan asam adalah hujan dengan kandungan asam sulfat, ini disebagkan karena industri yang menggunakan bahan bakar batu bara yang berkadar sulfur (belerang) tinggi berpotensi menimbulkkan kerusakan ekosistem. Sulfur dikeluarkan melalui cerobong pabrik bereaksi dengan uap air membentuk asam sulfat. Jika terkondensi di udara, uap air itu akan jatuh sebagai hujan dengan kandungan asam sulfat atau disebut hujan sulfat. Hujan asam dapat menimbulkan kerusakan ekosistem yang luas karena tidak hanya mematikan tumbuhan, namun sekaligus dapat memusnahkan kehidupan organisme yang lain. Mengapa demikian? Karena hujan asam ini memiliki pH 3,8 sehingga organisme-organisme seperti hewan dan tumbuhan akan mati jika terkena hujan asam karena pHnya jauh di bawah batas toleransi.
Hujan sebenarnya secara alami bersifat asam (pH sedikit di bawah 6, karena CO2 dengan uap air di udara membentuk asamm lemah yang bermanfaat untuk melarutkan mineral dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan hewan). Namun, berbagai polutan udara dapat meningkatkan keasaman air hujan.
Dampak dari hujan asam, di antaranya sebagai berikut.
- Memengaruhi kualitas air permukaan bagi biota yang hidup di dalamnya. Suatu penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang erat antara penurunan pH dengan penurunan populasi ikan dan biota air lainnya di perairan.
- Merusak tanaman. Hujan asam dapat merusak jaringan tanaman sehingga menghambat pertumbuhannya dan dapat menyebabkan kematian.
- Melarutkan logam-logam berat yang terdapat dalam tanah, sehingga memengaruhi kualitas air tanah dan air permukaan. Air yang telah tercemar logam berat jika di konsumsi ddapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.
- Bersifat korosif, sehingga merusak berbagai bahan logam, seperti mobil, dan pagar monumen, dan patung atau komponen bangunan.
- Menyebabkan penyakit pernapasan.
- Pada ibu hamil, dapat menyebabkan bayi lahir prematur dan meninggal.
Itulah penjelasan yang bisa saya berikan tentang apa yang dimskud hujan asam, semoga bisa menambah pengetahuan kita.

Artikel Terkait