Pengertian Metode desinfeksi

Pengertian Metode desinfeksiMetode desinfeksi adalah/ Metode desinfeksi yaitu/ Metode desinfeksi merupakan/ yang dimaksud Metode desinfeksi/ arti Metode desinfeksi/ definisi Metode desinfeksi.
Metode desinfeksi yaitu

Metode desinfeksi adalah metode yang menggunakan desinfektan yang dapat membunuh kuman-kuman atau mengurangi mikroorganisme patogen (penyebab penyakit) yang ada dalam limbah cair/ air limbah. Desifektan dapat berupa zat senyawa/ zat tertentu, atau dengan peralakuan fisik. Proses disinfeksi pada limbah cair biasanya dilakukan setelah proses pengolahan limbah selesai, yaitu setelah pengolahan primer, sekunder, atau tersier, sebelum limbah dibuang ke lingkungan.
Agar penggunaan desinfektan tepat guna, tidak mencemari lingkungan, dan tidak membuat mikrooganisme menjadi resistan (kebal) terhadap suatu zat desinfektan, maka beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memberikan desinfektan, antara lain:
- Daya racun zat.
- Waktu kontak yang diperlukan.
- Efektivitas zat.
- Kadar dosis yang digunakan.
- Tidak boleh bersifat toksik (racun) terhadap manusia dan hewan.
- Tahan terhadap air.
- Biayanya murah.
- Contoh mekanisme desinfeksi pada limbah cair adalah penambahan klorin (klorinasi), penyinaran dengan sinar ultraviolet (UV), atau dengan ozon (O3).
Demikian penjelasan yang dapat saya bagikan kepada anda tentang Pengertian Metode desinfeksi, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Artikel Terkait