Pengertian Pemanasan global

Pengertian Pemanasan globalPemanasan global adalah/ Pemanasan global yaitu/ Pemanasan global merupakan/ yang dimaksud Pemanasan global/ arti Pemanasan global/ definisi Pemanasan global.
Pemanasan global yaitu

Pemanasan global adalah kejadian meningkatnya suhu rata-rata bumi. Pemanasan global terjadi akibat efek rumah kaca yang ditimbulkan oleh gas-gas rumah kaca. Efek rumah kaca merupakan peristiwa tertahannya atau terperangkapnya panas matahari di lapisan atmosfer bumi bagian bawah oleh gas-gas rumah kaca yang membentuk lapisan atmosfer. Gas-gas rumah kaca tersebut memerangkap panas di bumi dengan cara menyerap panas matahari dan memantulkannya kembali ke bumi. Seharusnya, sebagian besar panas matahari dipantulkan ke luar angkasa. Hal ini menyebabkan suhu bumi meningkat sehingga terjadi pemanasan global.
Gas-gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global, meliputi berbagai polutan udara, seperti karbon dioksida (CO2), metan (CH), nitrat oksida (N2O), hidro fluoro karbon (HFC), dan kloro fluoro karbon (CFC). Jumlah gas-gas ini terus meningkat setiap tahun di atmosfer akibat berbagai aktivitas manusia.
Pemanasan global mampu mencairkan es di kutub dan meningkatkan suhu rata-rata bumi, serta meningkatkan suhu air laut. Dampak lebih lanjut dari pemanasan global diantaranya sebagai berikut.
- Menambah volume air laut sehingga permukaan air laut akan naik.
- Menimbulkan banjir di daerah pantai.
- Dapat menenggelamkan pulau-pulau dan kota-kota besar yang berada di tepi laut.
- Meningkatkan penyebaran penyakit menular.
- Curah hujan di daerah yang beriklim tropis akan lebih tinggi dari normal.
- Tanah akan lebih cepat kering, walaupun sering terkena hujan. Kekeringan tanah ini akan mengakibatkan banyak tanaman mati. Dengan demikian, di beberapa tempat dapat mengalami kekurangan makanan.
- Akan sering terjadi angin besar di berbagai tempat.
- Berpindahnya hewan ke daerah yang lebih dingin.
- Musnahnya hewan dan tumbuhan, termasuk manusia, yang tidak mampu berpindah atau beradaptasi dengan suhu yang lebih tinggi.
Meningkatnya suhu global juga diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan lain, seperti meningkatnya intensitas kejadian cuaca yang ekstrim serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Intensitas dan pola musim hujan yang makin menyimpang. Itulah yang dimaksud pemanasan global.

Artikel Terkait