Pengertian Pencak silat

Pengertian Pencak silatPencak silat adalah/ Pencak silat yaitu/ Pencak silat merupakan/ yang dimaksud Pencak silat/ arti Pencak silat/ definisi Pencak silat.
Pencak silat yaitu

Pencak silat merupakan olahraga asli Indonesia. Pencak silat adalah salah satu metode bela diri yang diciptakan oleh bangsa Indonesia guna mempertahankan diri dari bahaya yang mengancam keselamatan dan kelangsungan hidupnya. Sebagai suatu metode/ ilmu bela diri yang lahir dan berkembang di tengah-tengah kehidupan sosial masyarakat bangsa Indonesia, pencak silat sangat dipengaruhi oleh falsafah, budaya, dan kepribadian bangsa Indonesia. Sampai saat ini masih banyak perguruan silat yang berdiri di Indonesia. Seiring perkembangan peradaban masyarakat rumpun melayu, fungsi pencak silat pun semakin meluas bahkan hanya lagi berfungsi sebagai alat pembela diri, namun juga sebagai sarana olahraga, sebagai alat pendidikan jasmani, rohani, dan sosial.  Pada pembelajaran kali ini, akan dipelajari mengenai teknik dasar pencak silat. Apakah kamu mengatahui teknik dasar pencak silat apa saja yang bisa dilakukan? Berikut ini penjelasannya
Pukulan adalah berbagai macam teknik serangan yang dilakukan dengan menggunakan tangan sebagai komponennya. Dalam pertandingan pencak silat olahraga, teknik pukulan yang sering digunakan adalah pukulan depan, pukulan sanggol/ bandul, pukulan samping, dan pukulan lingkar.
1. Pukulan Depan/ Lurus
Pukulan depan adalah pukulan yang dilakukan dengan lintasan lurus ke depan yang mencapai hasil optimal dapat dilakukan dnegna dibantu oleh pergerakan bahu putaran pinggang yang mendukung untuk pemindahan berat badan ke depan (tangan yang menyerang). Pukulan ini dapat dilakukan dalam dua sikap tubuh berbeda, yaitu sebagai berikut.
a. Pukulan depan dengan posisi tangan yang digunakan untuk menyerang, sejajar dengan posisi kaki yang berbeda di depan (jab).
b. Pukulan depan dengan posisi tangan yang digunakan untuk menyerang, tidak sejajar dengan posisi kaki yang berbeda di depan (straight).
Cara melakukannnya sebagai berikut.
- Sikap kaki kuda-kuda kiri depan.
- Kedua belah tangan bersiap depan dada, tangan yang akan memukul jari-jarinya mengepal.
- Telapak kaki kanan dan kiri sejajar (paralel).
- Tangan kanan memukul dengan mengubah kepalan telungkup.
- Lakukan dengan mengubah/ mengganti posisi kaki dan tangan yang memukul.
Kesalahan yang sering terjadi adalah sikap badan kaku, kurang dibuka posisi kaki kurang kuat, badan tidak seimbang, pukulan kurang kuat, dan tangan tidak mengepal terlungkup.
2. Pukulan bandul/ sangkol
Pukulan yang dilakukan dengan posisi tangan ditekuk (90%). Lintasan pukulan adalah diayun dari bawah ke atas. Pukulan ini dapat dilakukan dengan posisi kaki yang bervariasi, baik degnan posisi kaki depan sejajar dengan tangan yang digunakan untuk menyerang maupun tidak.
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
a. Sikap kaki kuda-kuda tengah.
b. Kedua balah tangan menyilang depan dada, tangan yang akan memukul jari-jarinya mengepal.
c. Ayunkan tangan yang memukul ke depan dengan kepalan telungkup.
d. Tangan yang satu lagi tetap menutup badan sendiri.
e. Lakukan dengan mengubah/ mengganti tangan yang memukul.
Kesalahan yang sering terjadi adalah sikap kuda-kuda tengah kurang baik, kaki kurang dibuka, posisi kaki kurang kuat, badan tidak seimbang, ayunan/ pukulan kurang kuat, dan tangan yang memukul tidak mengepal.
Dalam beladiri pencak silat, tendangan merupakan salah satu teknik yang dipakai ketika behadapan dengan lawan dengan situasi jarak yang jauh. Di mana si pesilat menggunakan tungkai kekai dalam serangannya.
Beberapa teknik tendangan yang sering digunakan antara lain sebagai berikut.
1. Tendangan lurus
Tendangan lurus adalah tendangan dengan lintasan lurus ke depan, sasaran adalah perut lawan, pesilat bisa mengombinasikan tendangan ini degnan kombinasi lompatan.
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
- Kaki kuda-kuda kiri.
- Kaki kanan ditendangkan ke depan entakan telapak kaki sejajar dengan bahu.
- Kedua tangan beradda di depan dada sebagai penyeimbang.
Kesalahan yang sering terjadi dilakukan adalah sikap kuda-kuda kiri kurang baik, tidak ada entakan telapak kaki, entakan tidak sejajar dengan bahu, dan badan tidak seimbang.
2. Tendangan Melingkar
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
- Kaki kuda-kuda kiri.
- Kaki kanan ditendangkan ke depan dengan entakan punggung kaki.
- Kedua tangan berada di depan dada sebagai penyeimbang.
Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak tendangan melingkar dalam beladiri pencak silat yaitu sikap kuda-kuda kiri kurang baik, tidak ada entakan punggung kaki, dan badan tidak seimbang.
Elakan adlaha menghindar pukulan dengan mengelak, yaitu memindahkan posisi tubuh dari arah pukulan/ tendangan. Keterampilan gerak elakan dalam pencak silat terdiri sebagai berikut.
1. Elakan bawah
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
- Sikap kuda-kuda depan.
- Rendahkan tubuh dengan ara lutut ditekuk tanpa memindahkan letak posisi kaki.
- Sikap tangan waspada.
Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak elakan bawah dalam bela diri pencak silat yaitu sikap kuda-kuda depan kurang baik, tubuh kurang rendah, dan tangan tidak siap.
2. Elakan atas
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
- Sikap kuda-kuda depan.
- Angkat kedua kaki denan sikap tungkai ditekuk.
- Sikap tangan tetap waspada.
- Mendarat dengan kedua kaki saling menyusul.
Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak elakan atas dalam bela diri pencak silat yaitu sikap kuda-kuda depan kurang baik, tubuh kurang terangkat, kedua kaki tidak ditekuk saat mengangkat, tangan tidak siap, dan mendarat dengan kedua kaki secara bersamaan.
Tangkisan adalah usaha pembelaan yang dilakukan dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan yang dilancarkan lawan. Tangkisan bertujuan langsung untuk hal-hal berikut.
- Mengalihkan serangan dari lintasan.
- Membendung atau menahan serangan lawan jika terpaksa.
Tangkisan dalam pencak silat terdiri dari tangkisan dalam, luar, atas, dan bawah.
1. Tangkisan Dalam
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
- Sikap kuda-kuda tengah.
- Kedua tangan bersiap di depan.
- Tarik salah satu tangan dari depan luar ke dalam sejajar bahu.
- Posisi tubuh seimbang.
Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak tangkisan dalam beladiri pencak silat yaitu sikap kuda-kuda tengah kurang biak, kedua tangan tidak siap di depan, tarikan salah satu tangan kurang kuat, dan posisi badan kurang seimbang.
2. Tangkisan Luar
Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
- Sikap kuda-kuda tengah.
- Kedua tangan bersiap di depan.
- Tarik salah satu tangan dari dalam depan ke luar sejajar bahu.
- Posisi tubuh seimbang.
Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika mlakukan gerak tangkisan luar bela diri pencak silat yaitu sikap kuda-kuda tengah kurang baik, kedua tangn tidak siap di depan, tarikan sallah satu tangan kurang kuat, dan posisi badan kurang seimbang.
Demikian penjelasan yang bisa saya berikan tentang Pengertian Pencak silat, semgoga bisa dipahami.

Artikel Terkait