Pengertian aliran energi dalam ekosistem

Pengertian aliran energi dalam ekosistemaliran energi dalam ekosistem adalah/ aliran energi dalam ekosistem yaitu/ aliran energi dalam ekosistem merupakan/ yang dimaksud aliran energi dalam ekosistem/ arti aliran energi dalam ekosistem/ definisi aliran energi dalam ekosistem.
aliran energi dalam ekosistem adalah

Energi matahari merupakan sumber energi bagi segala kehidupan. Hanya organisasi autotrof yang dapat menangkap dan memanfaatkan energi matahari melalui proses fotosintesis. Organisme autotrof mengubah energi matahari menjadi gula dan oksigen. Dalam suatu ekosistem, energi mengalir dari matahari hingga ke pengurai. Produsen mendapatkan energi dari matahari yang oleh tumbuhan diubah menjadi energi kimia. Energi kimia kemudian berpindah ke konsumen I, lalu ke konsumen II, ke konsumen III, dan seterusnya Inilah yang disebut dengan aliran energi dalam ekosistem. Aliran energi adalah jalur satu arah dari perubahan energi pada suatu ekosietem. Aliran energi akan berakhir pada proses penguraian. Dalam proses ini, energi dilepaskan dalam bentuk panas yang tersebar di lingkungan dan tidak dimanfaatkan lagi. Produsen menempati tingkat trofik I, konsumen I, menempati tingkat trofik II, dan seterusnya. Semakin jauh jarak transfer energi dari matahari, semakin kecil aliran energinya. Hal ini berarti konsumen III pada tingkat trovik IV mmendapatkan transfer energi paling kecil sehingga rawan punah.
Mengapa semaknin jauh dari matahari, energi yang didapatkan semakin kecil? Pada setiap trofik, energi yang dilepaskan ke lingkungan sekitar 90 %, yang dimanfaatkan organ hanya 10 %. Sekitar 90 % panas yang dilepas ke lingkungan ini tidak dapat didaur ulang karena energi tidak dapat di daur ulang. Akibanya, pemborosan energi telah terjadi di dalam ekosistem. Dalam aliran energi terjadi perpindahan energi. Proses ini terjadi melalui peristiwa makan dan dimakan yang terjaddi di dalam rantai makanan.
Demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang apa yang dimaksud aliran energi dalam ekosistem. Semoga penjelasan tersebut bermanfaat.

Artikel Terkait