Pengertian Biaya tidak tetap

Pengertian Biaya tidak tetapBiaya tidak tetap adalah/ Biaya tidak tetap yaitu/ Biaya tidak tetap merupakan/ yang dimaksud Biaya tidak tetap/ arti Biaya tidak tetap/ definisi Biaya tidak tetap.
Biaya tidak tetap adalah

Biaya tidak tetap yaitu kebalikan dari biaya tetap, biaya variabel ini bersifat dinamis. Ia mengikuti banyaknya jmulah unit yang diproduksi ataupun banyaknya aktivitas yang dilakukan. Pada biaya ini, jumlah yang akan kita keluarkan per unit atau per aktivitas justru berjulah tetap sedangkan untuk biaya secara total jumlahnya akan menyesuaikan dengan banyaknya jumlah unit yang diproduksi ataupun jumlah aktivitas yang dilakukan. Jika biaya tetap memiliki hubungan terbalik dengan jumlah unit yang diproduksi atau aktivitas yang dilakukan maka, secara total biaya variabel memiliki hubungan searah dengan jumlah unit yang diproduksi atau aktivitas yang dilakukan. Hubungan searah ini maksudnya adalah semakin banyak unit yang kita produksi atau semakin banyak aktivitas yang kita lakukan, maka akan semakin banyak biaya variabel yang kita keluarkan.
Contoh Biaya tidak tetap adalah
Untuk memasarkan produk yang kita buat, kita menyewa tenaga penjual dengan membayarkan komisi sebanyak Rp. 10.000 dari tiap barang yang berhasil ia jual. Jika si penjual hanya mampu menjual 10 buah produk dengan harga satuan Rp. 100.000, maka besarnya biaya komisi yang harus kita keluarkan untuk si penjual adalah Rp. 10.000 x 10 = Rp. 100.000. Jika dalam sebulan ia mampu menjual 200 unit, maka biaya komisi yang harus kita keluarkan adalah Rp. 10.000 x 200 = Rp. 2.000.000. Selanjutnya, besarnya komisi yang akan kita keluarkan adalah sebesar jumlah unit yang mampu dijual si penjual kita kalikan dengan biaya komisi per unit yang kita berikan. Untuk lebih jelasnya, kita bisa melihat skema perhitungan biaya variabel pada tabel di bawah ini.
Contoh perhitungan biaya variabel adalah

Biaya Komisi Per Unit
Jumlah Unit yang Terjual
Total Biaya Komisi yang Diperlukan
Rp. 10.000
10
Rp. 100.000
Rp. 10.000
200
Rp. 2000.000
Rp. 10.000
750
Rp. 7.500.000

Demikianlah yang bisa kami paparkan tentang Pengertian Biaya Tidak Tetap, mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita.

Artikel Terkait