Pengertian Bioma Gurun

Pengertian Bioma GurunBioma Gurun adalah/ Bioma Gurun yaitu/ Bioma Gurun merupakan/ yang dimaksud Bioma Gurun/ arti Bioma Gurun/ definisi Bioma Gurun.
Bioma Gurun yaitu

Gurun merupakan suatu daerah berpasir dan berbatu dengan kondisi iklim yang kering. Bioma gurun terletak di belahan bumi sekitar 20 persen – 30 persen lintang utara dan lintang selatan atau di daerah tropika yang berbatasan dengan bioma padang rumput. Ciri- ciri bioma gurun sebagai berikut.
- Curah hujan rendah, yaitu kurang dari 250 mm per tahun.
- Pancaran matahari sangat terik dan penguapan tinggi.
- Perbedaan suhu siang dan malam hari sangat besar. Pada siang hari suhu udara sangat tinggi (dapat mencapai 45 derajat celcius) sedangkan pada malam hari suhu udara sangat rendah dapat mencapai 0 derajat celcius).
- Kelembaban udara sangat rendah.
- Tanah sangat tandus karena tidak mampu menyimpan air.
- Vegetasi di daerah gurun didominasi oleh taman kaktus, sukulen, dan berbagai belukar akasia yang berduri atau tumbuhan yang dapat beradaptasi dengan daerah kering (tumbuhan xorofit). Tumbuhan xorofit umumnya memiliki ciri-ciri, yaitu berdaun kecil seperti duri dan berakar panjang. Daun yang kecil berfungsi untuk mengurangi penguapan, sedangkan akar yang panjang berfungsi untuk mengambil air dari tempat yang dalam dan kemudian disimpan dalam jaringan.
- Hewan yang menghuni daerah gurun umumnya yang mampu menyimpan air, misalnya unta. Hewan-hewan lainnya adalah serangga, hewan pengerat, ular, dan kadal yang umumnya hanya aktif pada pagi hari, sedangkan pada siang hari yang terik tinggal pada lubang-lubang.
Contoh bioma gurun adalah Gurun sahara di Afrika, Gurun Gobi di Asia, dan Gurun Anzo Borrega di Amerika.

Artikel Terkait