Pengertian daur biogeokimia

Pengertian daur biogeokimiadaur biogeokimia adalah/ daur biogeokimia yaitu/ daur biogeokimia merupakan/ yang dimaksud daur biogeokimia/ arti daur biogeokimia/ definisi daur biogeokimia.
daur biogeokimia adalah

Alira energi pada suatu ekosistem berjalan dalam satu arah. Energi ekosistem berasal dari energi matahari yang digunakan produsen untuk berfotosintesis, sehingga energi tersebut diubah menjadi energi kimia dan kemudian diteruskan ke konsumen dalam bentuk senyawa-senyawa organik dalam makanannya, dan dibuang dalam bentuk panas. Unsur-unsur kimia, seperti karbon dan nitrogen, bersiklus di antara komponen-komponen abiotik dan biotik ekosistem. Organisme fotosintetik mendapatkan unsur-unsur ini dalam bentuk anorganik dari udara, tanah, dan air, serta mengasimilasi unsur-unsur tersebut menjadi molekul organik, yang sebagian dikonsumsi oleh hewan. Unsur tersebut dikembalikan dalam bentuk anorganik ke udara, tanah, dan air melalui metabolisme tumbuhan dan hewan, serta melalui organisme lain, seperti bakteri dan fungi yang menguraikan buangan organik dan orgenisme yang mati. Karena pergerakan unsur-unsur yang merupakan nutrien di dalam ekosistem terjadi secara berulang melalui komponen biotik dan abiotik (geologis), maka proses tersebut juga disebut siklus atau daur biogeokimia (biogeochemical cycle). Pada siklus tersebut, unsur atau senyawa kimia mengalir dari komponen abiotik ke komponen biotik, lalu kembali lagi ke komponen abiotik. Siklus unsur-unsur tersebut tidak hanya melalui makhluk hidup, tetapi melibatkan juga reaksi-reaksi kimia dalam lingkungan abiotik.
Proses biologis dan geologis menggerakkan nutrein di antara komponen-komponen organik dan anorganik. Lintasan spesifik suatu bahan kimia melalui suatu siklus biogeokimia bervariasi menurut unsur yang dimaksud pada struktur trofik suatu ekosistem. Daour biogeokimia atau daur materi yang terdapat dalam ekosistem dapat dibagi dalam 2 golongan yaitu daur materi senyawa dan daur materi unsur.
Itulah penjelasan  yang bisa saya sampaikan tentang Pengertian daur biogeokimia, semoga bermfanaat.

Artikel Terkait