Pengertian Daur Karbon

Pengertian Daur KarbonDaur Karbon adalah/ Daur Karbon yaitu/ Daur Karbon merupakan/ yang dimaksud Daur Karbon/ arti Daur Karbon/ definisi Daur Karbon.
Daur Karbon adalah

Di atmosfer terdapat kandungan CO2 sebanyak 0,03 %. Sumber-sumber CO2 di udara berasal dari respirasi manusia dan hewan, erupsi vulkanik, pembakaran batu bara, dan asap pabrik. Karbon dioksida di udara dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk berfotosintesis dan menghasilkan oksigen yang nantinya akan digunakan oleh manusia dan hewan untuk berespirasi.
Karbon merupakan bahan dasar penyusun senyawa organik. Di dalam organisme hidup terdapat 18 % karbon. Kemampuan saling mengikat pada atom-atom karbon (C) merupakan dasar bagi keragaman molekul dan ukuran molekul yang sangat diperlukan dalam kehidupan. Selain terdapat dalam bahan organik, karbon juga ditemukan dalam senyawa anorganik, yaitu gas karbon dioksida (CO2) dan batuan karbonat (batu kapur dan koral) dalam bentuk kalsium karbonat (CaCO3). Organisme autotrof (tumbuhan) menangkap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi karbohidrat, protein, lipid, dan senyawa organik lainnya. Bahkan organik yang dihasilkan tumbuhan ini merupakan sumber karbon bagi hewan dan konsumen lannya.
Pada setiap tingkatan trofik rantai makanan karbon kembali ke atmosfer atau air sebagai hasil perpanasan (respirasi). Produsen, herbivora, dan karnivora selalu bernapas dan menghasilkan gas karbon dioksida. Setiap tahun tumbuhan mengeluarkan sekitar sepertujuh dari keseluruhan CO2 yang terdapat di atmosfer. Meskipun konsentrasi CO2 di atmosfer hanya sekitar 0,03 %, namun karbon mengalami siklus yang cepat, sebab tumbuhan mempunyai kebutuhan yang tinggi akan gas CO2. Walaupun demikian, sejumlah karbon dipindahkan dari siklus itu dalam waktu yang lebih lama. Hal ini mungkin terjadi karena karbon terkumpul di dalam kayu dan bahan organik lain yang tahan dalam jangka waktu yang cukup lama, termasuk batu bara dan minyak bumi. Perombakan oleh detritivvora akhirnya mendaur ulang karbon ke atmosfer sebagai CO2. Selain itu, permbakaran kayu dan bahan bakar fosil juga ikut berperan, karena api dapat mengoksidasi bahan organik atau kayu menjadi CO2 dengan lebih cepat.
Di ekosistem air, pertukaran CO2 dengan atmosfer berjalan secara tidak langsung. Karbon dioksida berikatan dengan air membentuk asam karbonat yang akan terurai menjadi ion bikarbonat. Bikarbonat adalah sumber karbon bagi alga yang memproduksi makanan untuk diri mereka sendiri dan organisme heterotrof lain. Sebalinya, saat organisme air berespirasi, CO2 yang mereka kaluarkan menjadi bikarbonat. Jumlah bikarbonat dalam air seimbang dengan jumlah CO2 di air.
Itulah yang bisa saya jelaskan tentang apa yang dimaksud daur karbon, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Artikel Terkait