--> Skip to main content
Menu

Pengertian Ekosistem

Pengertian EkosistemEkosistem adalah/ Ekosistem yaitu/ Ekosistem merupakan/ yang dimaksud Ekosistem/ arti Ekosistem/ definisi Ekosistem.
Ekosistem adalah

Ekosistem adalah sistem alam yang dibentuk dari interaksi antar makhluk hidup dan interaksi antara makhluk hidup dengan faktor lingkungannya pada suatu kawasan tertentu. Istilah ekosistem pertama kali dikenalkan oleh Tansley (1935) yang mengemukakan bahwa hubungan timbal balik antara makhluk hidup (tumbuhan, hewan, manusia, dan mikroorganisme) dengan faktor lingkungan (cahaya, udara, air, tanah, dan sebagainya) di alam, sebenarnya membentuk suatu sistem yang tidak dapat dipisahkan. Ilmu yang mempelajari tentang ekosistem adalah ekologi.
Ekosistem tersusun atas makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Sebagai contoh, ekosistem sawah terdiri atas hewan dan tumbuhan yang hidup bersama-sama. Pada ekosistem sawah tersebut, terdapat rumput, tanaman padi, belalang, ulat, tikus, burung pemakan ulat, burung elang, dan masih banyak lagi. Dalam ekosistem terdapat satuan-satuan makhluk hidup yang didasarkan pada tingkatan organisme makhluk hidup dari yang paling sederhana ke yang paling kompleks. Individu, populasi, komunitas, serta biosfer merupakan satuan makhluk hidup dalam suatu ekosistem, dan sinar matahari sangat berperan terhadap kelangsungan hidup satuan-satuan ekosistem tersebut.
Sekarang anda sudah tahu kan yang dimaksud ekosistem itu yang bagaimana, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.