Pengertian Ideologi

Pengertian IdeologiIdeologi adalah/ Ideologi yaitu/ Ideologi merupakan/ yang dimaksud Ideologi/ arti Ideologi/ definisi Ideologi.
Ideologi yaitu

Istilah “Ideologi” berasal dari bahasa Yunani, edios dan logos (logia). Edios berarti melihat, memandang, pikiran, ide atau cita-cita, sedangkan logos (logia) berarti ilmu. Jadi ideologi dapat diartikan sebagai seperangkat cita-cita (ide-ide) yang merupakan keyakinan, tersusun secara sistematis, dan disertai petunjuk cara-cara mewujudkan cita-cita tersebut. Secara harfiah ideologi berarti ilmu tentang pengertian-pengertian dasar, cita-cita yang bersifat tetap yang harus dicapai, sehingga cita-cita yang bersifat tetap tersebut sekaligus merupakan dasar, pandangan, dan paham (Kaelan, 2003).
Istilah Ideologi sendiri diciptakan oleh Antoine Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan “sains tentang ide”. Tujuan utama ideologi adalah untuk menawarkan perubahan melalui proses pemikiran normatif. Ideologi adalah sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sekedar pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga membuat konsep ini menjadi inti politik. Secara implisit setiap pemikiran politik mengikuti sebuah ideologi walaupun tidak diposisikan sebagai sistem berpikir eksplisit.
Itulah yang dimaksud idoelogi, mudah-mudahan penjelasan di atas dapat menambah pengetahuan kita.

Artikel Terkait