--> Skip to main content
Menu

Pengertian Kompetisi

Pengertian KompetisiKompetisi adalah/ Kompetisi yaitu/ Kompetisi merupakan/ yang dimaksud Kompetisi/ arti Kompetisi/ definisi Kompetisi.
Kompetisi adalah

Kompetisi adalah hubungan antara makhluk hidup dalam satu ekosistem di mana makhluk hidup yang satu dengan makhluk hidup yang lain saling bersaing untuk mendapatkan suatu yang diperlukan untuk hidupnya, misalnya ruang (tempat), makanan, air, sinar matahari, udara, dan pasangan kawin. Hal ini terjadi karena masing-masing spesies memiliki kebutuhan yang sama. Persaingan dapat mengakibatkan organisme atau spesies yang kalah bersaing akan mati, tersingkir, atau berpindah ke tempat lain. Spesies yang berkompetisi dengan lebih efektif akan mempunyai kemampuan hidup yang lebih baik dibandingkan kompetitornya.
Persaingan dapat terjadi pada organisme yang memiliki niche yang sama. Niche (relung) suatu organisme adalah posisi suatu organisme dalam ekosistem dan peranan fungsionalnya (bagaimana organisme cocok dengan ekosistem). Niche ditentukan oleh habitat dan berbagai fungsi yang dikerjakannya. Semakin besar kesamaan niche dari organisme yang hidup bersama dalam suatu habitat, maka semakin intensif persaingannya.
Kompetisi (persaingan) dibedakan menjadi 2 (dua) sebagai berikut.
- Kompetisi intraspesifik, yaitu persaingan yang terjadi antara organisme atau individu yang memiliki spesies sama. Contohnya sesama kambing jantan berkelahi untuk memperebutkan pasangan kawinnya.
- Kompetisi interspesifik, yaitu persaingan yang terjadi antara organisme atau individu yang berbeda spesies. Contohnya tanaman jagung dan rumput yang sama-sama tumbuh di ladang.
Itulah sedikit ulasan dari kami tentang apa yang dimaksud kompetisi dalam pelajaran IPA, semoga dapat membantu ya.