--> Skip to main content
Menu

Pengertian Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia

Pengertian Pancasila sebagai Ideologi Bangsa IndonesiaPancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia adalah/ Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia yaitu/ Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia merupakan/ yang dimaksud Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia/ arti Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia/ definisi Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia.
yang dimaksud Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia

Pancasila sebagai ideologi nasional merupakan kumpulan nilai yang diyakini kebenarannya oleh bangsa Indonesia dan digunakan untuk menata masyarakat. Sebagai ideologi bangsa Indonesia. Pancasila merupakan ikatan budaya (cultural bond) yang berkembang secara alami dalam kehidupan masyarakat Indonesia, bukan secara paksaan. Pancasila merupakan sistem ide yang sudah mendarah daging dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia.
Fungsi Pancasila sebagai Ideologi negara, sebagai berikut.
- Memperkokoh bangsa karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk.
- Mengarahkan bangsa Indonesia menuju tujuannya dan menggerakkan serta membimbing bangsa Indonesia dalam melaksanakan pembangunan.
- Memelihara dan mengembangkan identitas bangsa dan sebagai dorongan dalam pembentukan karakter bangsa berdasarkan Pancasila.
- Menjadi standar nilai dalam melakukan kritik mengenai keadaan bangsa dan negara.
Demikianlah apa yang dimaksud Pancasila sebagai ideologi nasional, semoga penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan kita.