Pengertian Piramida ekologi

Pengertian Piramida ekologiPiramida ekologi adalah/ Piramida ekologi yaitu/ Piramida ekologi merupakan/ yang dimaksud Piramida ekologi/ arti Piramida ekologi/ definisi Piramida ekologi.
Piramida ekologi adalah

Struktur trofik dapat disusun secara urut sesuai hubungan makan dan dimakan antartrofik yang secara umum memperlihatkan bentuk kerucut atau piramida. Gambaran susunan antartrofik dapat disusun berdasarkan kepadatan populasi, berat kering, maupun kemampuan menyimpan energi pada tiap trofik yang disebut piramida ekologi. Piramida ekologi ini berfungsi untuk menunjukkan gambaran perbandingan antartrofik pada suatu ekosistem. Pada tingkat pertama ditempati produsen sebagai dasar dari piramida ekologi. Selanjutnya konsumen primer , sekunder, tersier, sampi konsumen puncak.
Piramida ekologi merupakan gambaran yang menunjukkan hubungan struktur trofik dan fungsi trofik. Berdasarkan fungsinya, piramida ekologi dibedakan menjadi tiga macam, yaitu piramida jumlah, piramida biomassa, dan piramida energi. Piramida jumlah dasar penentuannya adalah jumlah individu pada setiap tingkatan trofik. Piramida Biomasaa dasar penentuannya adalah pengukuran massa individu per m2 pada setiap tingkatan trofik. Sedangkan dasar penentuan piramida energi adalah dengan cara menghitung jumlah energi tiap satuan yang masuk ke tingkat trofik dalam waktu tertentu (misalnya per jam, per hari, atau per tahun).
Demikian yang bisa saya uraikan tentang Pengertian Piramida Ekologi, semoga bisa menambah pengetahuan kita.

Artikel Terkait