Pengertian Populasi

Pengertian PopulasiPopulasi adalah/ Populasi yaitu/ Populasi merupakan/ yang dimaksud Populasi/ arti Populasi/ definisi Populasi.
Populasi adalah

Sekumpulan sapi di padang rumput disebut dengan populasi sapi. Sekumpulan ikan nila di dalam kolam air tawar disebut dengan populasi ikan nila. Jika di dalam kolam tersebut juga ditumbuhi sekumpulan tumbuhan teratai, berarti dalam kolam tersebut juga terdapat populasi tumbuhan teratai. Kumpulan individu-individu yang sama dapat membentuk populasi. Populasi berasal dari bahasa latin, yaitu populas (semua yang bertempat tinggal pada suatu tempat). Jadi populus (semua yang bertempat tinggal pada suatu tempat). Jadi pengertian populasi adalah sekelompok individu sejenis (satu spesies) yang menempati suatu daerah pada waktu tertentu.
Suatu makhluk hidup disebut sejenis apabila memenuhi syarat-syarat berikut.
- Menempati daerah (habitat) yang sama.
- Mempunyai persamaan morfologi, anatomi, dan fisiologi.
- Mampu menghasilkan keturunan yang fertil (keturunan yang mampu berkembang secara kawin).
Besarnya populasi ditunjukkan oleh jumlah individu di dalam suatu populasi per satuan luas. Besarnya populasi per satuan luas ini disebut kepadatan populasi. Misalnya, satu area perkebunan murbai luasnya 1.000 m2. Dalam kebun tersebut terdapat 1.000 pohon murbai dan 20.000 ekor ulat sutra. Hal itu berarti kepadatan populasi pohon murbai adalah 1.000 pohon/1.000 m2 atau 1 pohon/m2 dan kepadatan populasi ulat sutra adalah 20.000 ekor/1.000 m2 atau 20 ekor/m2
Perubahan populasi dapat terjadi dari waktu ke waktu. Perubahan ini terjadi karena adanya pertambahan atau pengurangan jumlah populasi. Berkurang atau bertambahnya populasi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya emigrasi, imigrasi, natalitas, dan mortalitas.
Sudah tahukan yang dimaksud populasi itu seperti apa, cukup sekian penjelasan yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait