Pengertian Predasi

Pengertian PredasiPredasi adalah/ Predasi yaitu/ Predasi merupakan/ yang dimaksud Predasi/ arti Predasi/ definisi Predasi.

Predasi adalah bentuk interaksi antarorganisme di mana satu organisme memakan organisme lainnya. Organisme yang memakan disebut predator, sedangkan organisme yang dimakan disebut mangsa. Hubungan ini sangat erat sebab tanpa mangsa, predator tidak dapat hidup. Sebaliknya, predator juga berfungsi sebagai pengontrol populasi mangsa. Hubungan predasi tidak hanya sebatas antarhewan saja, tetapi juga antara hewan (herbivora) dengan tumbuhan, dan antara tumbuhan predator dengan hewan mangsanya. Contoh hubungan predasi, yaitu kucing memangsa tikus, elang memangsa ular, dan harimau memangsa kijang.
Hubungan antara predator dan mangsa sering memengaruhi kelimpahan suatu organisme. Populasi predator dan mangsa saling berkaitan demikian dekatnya. Sehingga kelimpahannya terlihat sama. Ketika populasi mangsa meningkat, maka tersedia makanan yang lebih banyak untuk predator sehingga populasi predator meningkat. Peningkatan populasi predator yang memakan mangsa menyebabkan penurunan populasi mangsa. Jumlah mangsa yang semakin sedikit menyebabkan jumlah makanan untuk predator semakin berkurang sehingga populasi predator pun menurun.
Demikian ulasan yang dapat saya bagikan tentang apa yang dimaksud predasi, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Artikel Terkait