Pengertian Produktivitas Primer

Pengertian Produktivitas PrimerProduktivitas Primer adalah/ Produktivitas Primer yaitu/ Produktivitas Primer merupakan/ yang dimaksud Produktivitas Primer/ arti Produktivitas Primer/ definisi Produktivitas Primer.
Produktivitas Primer adalah

Produktivitas Primer adalah kecepatan organisme autotrof sebagai produsen mengubah energi cahaya matahari menajdi energi kimia dalam bentuk organik. Hanya sebagian kecil energi cahaya yang dapat diserap oleh produsen. Produktivitas primer berbeda pada setiap ekosistem, yang terbesar terdapat pada ekosistem hutan hujan tropis dan ekosistem hutan bakau.
Seluruh bagian organik yang dihasilkan dari proses fotosintesis pada organisme fotoautrotof disebut Produktivitas Primer Kotor (PPK). Lebih kurang 20 % dari PPK digunakan oleh organisme fotoautotrof untuk respirasi, tumbuh, dan berkembang. Sisa PPK yang baru disimpan dikenal sebagai Produktivitas Primer Bersih (PPB). Biomassa organisme autotrof (produsen) dipeerkirakan mencapai 50 % - 90 % dari seluruh bahan organik hasil fotosintesis. Hal ini menunjukkan simpanan energi kimia yang dapat ditransfer ke trofik selanjutnya melalui hubungan makan dan dimakan dalam ekosistem.
Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas primer yaitu suhu, cahaya, air, curah hujan, kelembapan, Nutrien, Tanah, Herbivora.

Artikel Terkait