Pengertian rantai makanan

Pengertian rantai makananrantai makanan adalah/ rantai makanan yaitu/ rantai makanan merupakan/ yang dimaksud rantai makanan/ arti rantai makanan/ definisi rantai makanan.
rantai makanan adalah

Kelangsungan hidup organisme membutuhkan energi dari bahan organik yang dimakan. Bahan organik yang mengandung energi dan unsur-unsur kimia ditransfer dari satu organisme ke organisme lain berlangsung melalui interaksi makan dan dimakan. Proses makan dan dimakan yang diikuti perpindahan energi dari satu organisme ke organisme lain dalam tingkatan tertentu disebut rantai makanan.
Tingkatan dalam rantai makanan disebut juga trofik. Peristeiwa makan dan dimakan antarorganisme dalam suatu ekosistem membentuk struktur trofik yang bertingkat-tingkat. Setiap tingkat trofik merupakan kumpulan berbagai organisme dengna sumber makanan tertentu. Tingkat trofik pertama adalah kelompok organisme autrotof yang disebut produsen. Organisme autrotof adalah organisme yang dapat membuat bahan organik sendiri dari bahan anorganik dengan bantuan sumber energi. Bila dapat menggunakan energi cahaya seperti cahaya matahari disebut fotoautotrof, contohnya tumbuhan hijau dan fitoplankton. Apabila menggunakan bantuan energi dari reaksi-reaksi kimia disebut kemoautrotof, misalnya bakteri sulfur, bakteri nitrit, dan bakteri nitrat.
Tingkat konfik kedua ditempati oleh berbagai organisme yang dtidak dapat menyusun bahan organik sendiri disebut organisme heterotrof. Organisme heterotrof ini hanya menggunakan zat organik dari organisme lain sehingga disebut juga konsumen. Konsumen yang memakan produsen adalah konsumen primer atau konseumen tingkat I. Konsumen ini merupakan organisme herbivora. Konsumen primer ini akan dimakan oleh tingkat trofik selanjutnya, yaitu konsumen sekunder atau konsumen tingkat II yang sebagian besar berupa organisme karnivora. Konsumen sekunder ini akhirnya akan dimakan oleh konsumen tersier atau konsumen tingkat III. Beberapa ekosistem bahkan memiliki tingkt trofik yang lebih tinggi lagi. Dalam suatu ekosistem tidak selamanya memiliki tingkat trofik yang sama karena tergantung dari keanekaragaman pada suatu tempat. Namun biasanya terdiri dari empat sampai lima tingkat trofik.
Itulah yang dimaksud rantai makanan, semoga apa yang saya jelaskan di atas bisa menambah pengetahuan kita.

Artikel Terkait