Pengertian Suksesi Primer

Pengertian Suksesi PrimerSuksesi Primer adalah/ Suksesi Primer yaitu/ Suksesi Primer merupakan/ yang dimaksud Suksesi Primer/ arti Suksesi Primer/ definisi Suksesi Primer.
Suksesi Primer adalah

Suksesi Primer adalah suksesi yang terjadi pada lahan atau wilayah yang mula-mula tidak bervegeasi atau lahan yang pernah bervegetasi, tetapi mengalami gangguan berat hingga komunitas asal hilang secara total atau tidak ada lagi kehidupan. Gangguan berat tersebut antara lain letusan gunung berapi, gempa bumi, tanah longsor, endapan lumpur di muara sungai, endapan pasir di pantai, dan meluapnya lumpur panas. Substrat atau habitat baru yang terbentuk akibat gangguan berat tersebut, kemudian beraangsur-angsur mengalami perkembangan ke arah terbentuknya komunitas baru yang lebih kompleks, hingga mencapai komunitas klimaks yang memiliki keseimbangan lingkungan yang dinamis.
Pada proses suksesi primer, tidak banyak organisme yang berperan. Umumnya hanya organisme yang memiliki tingkat toleransi yang tinggi dan luas saja yang mampu tumbuh dan berkembang pada area tersebut, sseperti lumut dan Lichenes. Organisme yang mampu tumbuh pertama kali dan kemudian membentuk suatu ekosistem dinamakan organisme pioner atau spesies pioner.
Demikian sedikit penjelasan yang bisa saya bagikan kepada anda tentang Pengertian Suksesi Primer, semoga pnjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Artikel Terkait