Pengertian Suksesi

Pengertian SuksesiSuksesi adalah/ Suksesi yaitu/ Suksesi merupakan/ yang dimaksud Suksesi/ arti Suksesi/ definisi Suksesi.
Suksesi adalah

Suatu komunitas berkembang secara bertahap dari komunitas pionir yang sederhana sampai komunitas klimaks yang seimbang. Pada proses perkembangan komunitas terjadi pergantian beberapa spesies oleh spesies lainnya dalam kurun waktu tertentu agar tercapai pertumbuhan yang stabil, peristiwa ini disebut suksesi. Jadi, suksesi adalah proses perubahan dalam komunitas (ekosistem) yang berlangsung secara lambat dan teratur dalam waktu yang lama, menuju ke satu arah, dan menyebabkan pergantian suatu komunitas (ekosistem) oleh komunitas (ekosistem) yang lain. Komunitas terakhir dan stabil yang mencapai keseimbangan dengan lingkungannya disebut komunitas klimaks. Komunitas klimaks bersifat stabil dan memiliki tingkat keseimbangan lingkungan yang tinggi. Komunitas klimaks umumnya didominasi oleh organisme yang memiliki umur panjang, seperti pohon-pohon besar dan hewan yang memiliki siklus hidup yang panjang.
Studi suksesi yang cukup lengkap yang dilakukan di Indonesia, yaitu di Pulau Krakatau. Letusan vulkanik di Pulau Krakatau pada tahun 1983, telah memusnahkan flora dan fauna yang terdapat di pulau tersebut dan mengurangi ukuran pulau hampir sepertiga dari ukuran semula. Dalam waktu tiga tahun Gunung Krakatau meletus, tercatat beberapa spesies tumbuhan tumbuhan kembali. Spesies tumbuhan pada umumnya merupakan spesies invasi dari Pulau Jawa dan Sumatra. Beberapa spesies hewan seperti Arhropoda, Gastropoda, Reptilia, Aves, kelelawar, dan tikus juga mulai hidup di Pulau Krakatau. Hasil pengamatan di Pulau Krakatau menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan-perubahan yang mengarah pada perkembangan komunitas. Suksesi dibedakan menjadi 2 macam yaitu suksesi primer dan suksesi sekunder.
Itulah penjelasan yang dapat saya berikan tentang Pengertian Suksesi, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait