Pengertian Amonia

Pengertian amonia - Amonia biasanya digunakan sebagai campuran dalam pembuatan pupuk. Sealin itu amonia juga digunakan untuk fermentasi, pembersih rumah dan prekusor untuk senyawa nitrogen. Lalu apa itu amonia? Seperti apa yang dimaksud dengan amonia? Mungkin diantara kamu sudah ada yang tahu tentang apa yang dimaksud amonia, namun untuk kamu yang belum tahu bisa menyimak penjelasan tentang definisi amonia yang kami berikan dalam artikel ini. Di sini selain kami jelaskan tentang arti amonia, juga akan kami jelaskan ciri-ciri amonia, pembuatan amonia dan kegunaan amonia atau manfaat amonia. Langsung saja berikut ini penjelasan tentang amonia.
Pengertian Amonia

Pengertian Amonia

Amonia adalah senyawa nitrogen dan hidrogen yang mempunyai aroma yang menyenagat dan aromanya sangat khas. Terbentuknya molekul amonia berasal dari ion nitrogen yang bermuatan negatif dan tiga ion hidrogen yang bermuatan positif, karena itulah secara kimia direpresentasikan sebagai NH3. Amonia bisa terjadi secara alami atau bisa juga diproduksi. Amonia tersedia dalam bentuk gas dan cair dengan didefinisikan bau yang menyengat kuat.

Atau pengertian amonia adalah salah satu senyawa yang sangat dibutuhkan dalam industri pupuk. Senyawa ini dibuat melalui reaksi antara gas nitrogen dan gas hidrogen. Reaksi tersebut berjalan sangat lambat pada suhu rendah, sedangkan pada suhu tinggi gas NH3 yang dihasilkan cenderung terurai karena menjadi gas nitrogen dan gas hidrogen. Atas dasar tersebut, diperlukan suatu kondisi yang memungkinkan agar reaksi dapat berlangsung cepat apda suhu rendah. Setelah melakukan penelitian yang cukup lama, pada tahun 1905 Fritz Haber berhasil menemukan cara membuat gas NH3 yang efisien yaitu dengan menambahkan katalis berupa serbuk besi (besi plus). Katalis dibuat dari besi yang dicampur dengan sedikit kalium oksida dan alumunium. Penambahan katalis Fe tersebut menyebabkan prosuksi gas amonia dapat berlangsung efektif pada suhu 500 derajat celsius. Proses ini selanjutnya dikenal dengan proses Haber-Bosch.

Ciri ciri Amonia

Berikut ini adalah beberapa ciri ciri amonia:
  • Amonia merupakan gas tidak berwarna tetapi baunya sangat menyengat.
  • Amonia mudah sekali larut dalam air, dalam keadaan standar, satu liter air dapat melarutkan 1180 liter amonia.
  • Amonia mudah mencair, amonia cair dapat membeku pada temperatur -78 derjat celcius. Amonia mencair atau kondisi normal pada suhu 30 sampai 40 derjat celcius. Amonia mendidih pada temperatur -33 derjat celcius.
  • Amonia bersifat korosif pada timah dan tembaga.
  • Amonia digunakan untuk bahan alat kecantikan misalnya untuk campuran pada cat rambut, dan untuk meluruskan rambut.

Pembuatan Amonia

Amonia dapat dihasilkan dari proses pembusukan hewan nitrogen dan materi sayuran. Amonia serta amonium garam juga dapat ditemukan dalam julah kecil pada air hujan. Sedangkan amonium sulfat dan amonium klorida atau sal amonik ditemukan pada daerah vulkanik. Kemudian kristal amonium bikarbonat ditemukan pada Patagonia guano. Ginjal mengeluarkan NH3 itu agar kelebihan asam dapat dinetralkan. Garam amonnium juga dapat ditemukan dan didistribusikan melalui tanah yang subur dan juga air laut. Amonia juga bisa ditemukan di Jupiter, Pluto dan di Uranus dalam jumlah kecil.

Kegunaan Amonia

Kegunaan amonia dalam kehidupan sehari hari yaitu:
  • Sebagai bahan campuran pupuk urea (CO(NH2)2) dan ZA (Zwvelamonia) ((NH4) 2SO4).
  • Sebagai bahan pembuatan obat.
  • Sebagai bahan asam nitrat (HNO3).
  • Sebagai bahan pembuatan amonium klorida (NH4Cl)pada baterai.
  • Sebagai bahan dasar dalam pembuatan bahan peleddak.
  • Sebagai bahan bakar roket dengan membuat hidrazin (N2H4)
  • Sebagai zat pendingin.
  • Sebagai bahan pembuatan detergen.
  • Sebagai bahan pembuatan kertas pelastik.
  • Apabila dilarutkan ke dalam air maka zat tersebut bisa menjadi pembersih alat perkakas rumah tangga.

Itulah penjelasan yang cukup singkat dari saya tentang Pengertian amonia. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian dapat memberikan manfaat.

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru

Artikel Terkait