Pengertian Majas

Pengertian MajasMajas adalah/ Majas yaitu/ Majas merupakan/ yang dimaksud Majas/ arti Majas/ definisi Majas.
yang dimaksud Majas

Majas adalah bahasa kias yang dipergunakan untuk memperoleh efek tertentu dari suatu benda atau hal dengan cara membandingkannya dengan benda atau hal yang lebih umum. Dilihat dari sudut pandang bahasa, majas dapat dibedakan berdasarkan titik tolak unsur bahasa yang digunakan, yaitu gaya bahasa, pilihan kata, nada yang terkandung dalam wacana, struktur kalimat, dan langsung tidaknya makna. Dalam buku Diksi dan Gaya Bahasa, Gorys Keraf membagi majas atau gaya bahasa menjadi beberapa macam sudut pandang, yaitu gaya bahasa berdasarkan pilihan kata, gaya bahasa berdasarkan nada, gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat, dan gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna.
- Majas perumpamaan adalah perbandingan dua hal yang pada hakikatnya berlainan dan dengan sengaja dianggap sama. Perbandingan tersebut secara eksplisit dijelaskan dengan pemakaian kata gagai, sebagai, ibarat, seperti, baik, laksana, semisal, seumpama, umpama, dan serupa,
- Majas personifikasi adalah majas yang meletakkan sifat-sifat insani (manusiawi) pada benda-benda yang tidak bernyawa dan ide yang abstrak. Ciri utamanya adalah membuat benda matu seolah-olah hidup.
- Majas metonomia adalah majas yang mempergunakan nama suatu barang untuk suatu hal lain yang berkaitan erat dengan barang tersebut.
- Majas metafora adalah perbandingan yang dilakukan secara implisit antara dua hal yang berbeda. Metafora hampir sama dengan perumpamaan, bedanya dalam metafora perbandingan dilakukan secara langsung.
- Sinekdoke adalah majas yang menyebutkan nama bagian sebagai pengganti nama keseluruhan atau sebalinya. Sinekdoke digunakan untuk mengungkapkan kejadian langsung dari sumbernya. Ada dua macam sinekdoke, yaitu totem pro parte (sinekdoke yang menyebutkan keseluruhan untuk menonjolkan sebagian) dan pars pro toto (sinekdoke yang menyatakan sebagian untuk keseluruhan).
- Majas Pleonasme adalah majas yang menambahkan keterangan pada pernyatan yang mudah jelas atau menambahkan keterangan yang sebenarnya tidak dibutuhkan.
- Majas Hiperbola adahlah majas yang melebih-lebihkan apa yang sebenarnya dimaksudkan dengan tujuan untuk mendapat perhatian lebih dari pembaca.
Itulah yang dimaksud majas, semoga apa yang saya sampaikan bisa dengan mudah dipahami.

Artikel Terkait